Anis Saggaf, Rektor Unsri Terpilih

Selasa, 30 Juni 2015 - 09:41 WIB
Anis Saggaf, Rektor Unsri Terpilih
Anis Saggaf, Rektor Unsri Terpilih
A A A
PALEMBANG - Akhir perhitungan suara pemilihan Rektor Unsri kemarin menetapkan carek dari Fakultas Teknik Prof Dr Anis Saggaf sebagai rektor terpilih periode 2015 – 2019.

Dalam sidang senat terbuka di kampus Pascasarjana Palembang tersebut, Anis Saggaf unggul 89 sua ra dari 143 suara yang dipere - but kan, sedangkan calon lainnya, yakni Prof Amzulian Rivai dari Fakultas Hukum mengantongi 32 suara, dan Prof Slamet Widodo dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dengan 22 suara. Pembantu Rektor I Unsri ini sem pat terharu ketika mengetahui namanya memperoleh suara terbanyak.

Beberapa kali terlihat ia menyeka air mata. Menurutnya, pemilihan rektor ini berarti me milih pemimpin. Dia meya kini setiap anggota senat punya pemikiran masing-masing terha dap tiga carek yang maju, sebab se mua mempunyai potensi. “Ter pilihnya saya sebagai rektor ini bukan soal menang kalah. Semua menang karena sahabat-sahabat saya yang maju juga sudah ber juang untuk Unsri. Dalam men jalankan amanah untuk ke majuan Unsri nan - tinya, saya te tap akan meminta bantuan se mua,” ungkapnya.

Terkait program prioritas, Anis memastikan siap berkoordi - nasi dengan pemprov untuk mem bangun Sumsel. Sebab, Un - sri punya kewajiban membangun Sumber Daya Manusia (SDM) ser ta melakukan riset yang bisa ter pantau oleh dunia sehingga mimpi menjadi world class universityterwujud. “Saya akan coba gabungkan juga rencana kerja para carek yang saya anggap bisa dikembangkan bersama,” cetus dia.

Diketahui, 143 total suara pemilihan terdiri dari 93 suara anggota senat Unsri dan 50 suara dari Kemenristek Dikti. Empat anggota senat tidak hadir, tiga di antaranya izin dan satu orang tidak ada keterangan. Direktur Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti), Dr Illah Sailah mengatakan, hak suara dari kementerian sepenuh nya dari personalMenteriRistekdan Dikti.

Dia mendapatkan re ko mendasi mewakili untuk hadir pada sidang senat terbuka ter sebut. Menurutnya, rektor terpilih ha rus bisa bekerja maksimal ter - utama menghadapi tantangan global, seperti Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Mengingat pula Unsri berada di wilayah Sumsel dengan kekhasannya diharapkan bisa membawa Sumsel melaju ke kancah internasional dengan sarana yang sudah ada terutama di bidang olahraga.

“Suatu saat bisa saja Unsri memiliki jurnal keolahragaan yang pertama untuk level dunia,” kata Illah. Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Sumsel Alex Noer din mengatakan, Unsri harus bisa menjadi world class uni - versity dan peran rektor untuk pelaksanaannya sangatlah besar. Karenanya, pemilihan rektor ini sangat berpengaruh. “Saya ber ha rap ada suara untuk gubernur, Unsri ini merupakan lembaga pendidikan yang berpengaruh di Sumsel,” ucapnya.

Alex mengingatkan agar rektor terpilih bisa bekerja sama dengan Pemprov Sumsel. Sebab pembangunan daerah tidak dapat bergerak sendiri tanpa saling adanya kerja sama lembaga. Mengingat, pemprov saat ini tengah membantu pembangunan gedung Fakultas Kedokteran yang direncanakan menjadi FK terbesar di Indonesia. Dengan begitu, Un sri bisa mencetak dokter-dokter muda yang dibutuhkan.

“Se mua calon baik, kita harap yang terpilih bisa merangkul semua, sementara yang belum berhasil bisa legowo,” imbuh dia.

Yulia savitri
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9497 seconds (0.1#10.140)