Serba Pindangsampai Kaledo

Minggu, 21 Juni 2015 - 09:05 WIB
Serba Pindangsampai Kaledo
Serba Pindangsampai Kaledo
A A A
BULAN puasa bulan istimewa. Termasuk urusan menu sahur dan berbuka. Semua orang tentunya ingin menu yang tak biasa. Lantas seperti apa menu favorit para pejabat kita? Penasaran kan?

Yang pertama akan kita intip adalah Plt Wali Kota Palembang Harnojoyo. Di tengah kesibukannya memimpin Kota Pempek, dia punya menu favorit yang wajib disediakan saat Ramadan tiba.

“Yah kalau biasanya saat sahur pertama bapak selalu menanyakan pindang. Ada nggak pindang tulang atau juga sumsum tulang, karena bapak sangat suka,” ujar Selviana, sang istri. Saat menikmati pindang kesukaannya itu, lanjut Selviana, Harnojoyo biasanya juga minta disiapkan sedotan. Menyantap pindang sembari “nyeruput” sumsum bercampur kuah sop begitu nikmatnya.

“Bukan cuma bapak, anak-anak juga suka,” jelasnya. Menurut Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Palembang, racikan bumbu pindang tulang dan sumsum tulang dimasaknya sendiri setelah sebelumnya belanja di Pasar Cinde atau Pasar Kuto. Lain Harnojoyo lain pula denganKetua DPRD Provinsi Sumsel Giri Ramanda Kiemas. Pempek kapal selam yang menjadi makanan favorit Wong Palembang, jadi menu buka yang tak pernah ketinggalan disajikan. Sang isteri Ayu Nur Suri Ramanda selalu menyiapkan menu-menu spesial saat berbuka puasa bersama keluarga. Es campur dan jus buah segar menjadi minuman khas.

“Es campur dan jus buah segar wajib ada. Dan kalau takjilnya harus ada kurma dan pempek kapal selam,” kata Ayu. Di tengah kesibukannya, dia selalu menyiapkan semua makan sahur dan berbuka untuk keluarga tercinta. Kesibukan di dapur menjadi istimewa demi menyajikan menu spesial. Menu istimewa tersebut, kata Ayu, sudah menjadi rutinitas keluarga saat menjalani ibadah Ramadan.

Sang suami juga lebih senang minum es campur racikannya. Selain tidak terlalu manis buah-buahan yang digunakan juga asli dan segar. “Ibadah puasa itu intinya saling berbagi, dan waktunya berkumpul bersama keluarga dalam beribadah karena Allah,” kata dia.

Sierra syailendra/ muhammad uzair
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.1008 seconds (0.1#10.140)