Pagaralam Secerah Alam

Minggu, 14 Juni 2015 - 09:44 WIB
Pagaralam Secerah Alam
Pagaralam Secerah Alam
A A A
Sebagai pemimpin tentunya seseorang memiliki cita-cita membangun daerah dan mensejahterakan rakyatnya. Itulah keinginan terbesar Wali Kota Pagaralam, dr Hj Ida Fitriati Basjuni.

Menjabat sebagai orang nomor satu di tanah Besemah periode 2013-2018 ada tujuan besar yang sudah diprogramkan. Untuk mewujudkan program ini tentunya tidak semudah membalik telapak tangan. Namun, Wali kota Pagaralam dr Hj Ida Fitriati Basjuni yakin bisa mewujudkan pembangunan Pagaralam dengan visi dan misi Secerah Alam. Apa itu Secerah Alam dan bagaimana mencapainya? Berikut wawancara wartawan KORAN SINDO PALEMBANG Yayan Darwansa dengan Wali Kota Pagaralam dr Hj Ida Fitriati Basjuni, baru-baru ini.

Sebagai pemimpin Kota Pagaralam periode 2013-2018, tentunya memiliki tujuan untuk mensejahterakan masyarakat. Apa tujuan besar bagi masyarakat Pagaralam?

Memang untuk mewujudkan Pagaralam lima tahun ke depan akan jadi apa harus diprogramkan dengan baik. Untuk itulah, kami memiliki visi yang sudah diperdakan dalam RPJMD yakni Pagaralam Secerah Alam. Dengan begitu, apa yang akan diwujudkan ke depan bisa tercapai sesuai dengan apa yang dicitacitakan.

Secerah Alam itu apa?

Secerah Alam memiliki arti yakni S berarti sehat yang merupakan kebutuhan dasar, C adalah cerdas, kemudian ditopang dengan ekonomi kerakyatan yang tangguh, lalu berakhlak mulia dilingkungan alam yang alami. Jadi itu siklus di kehidupan manusia. Sebab, jika tidak sehat tetapi pintar tidak bisa apa-apa, begitu juga dengan sehat pintar tetapi tidak berakhlak mulia juga tidak bisa bermanfaat sehingga ilmu itu harus digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.

Tiga dalam visi ini terus ditingkatkan terutama untuk SDM. Bagaimana tidak, jika semua itu terwujud, maka secara bertahap ekonomi kerakyatan akan tumbuh. Apalagi, kita di hulu Sumatera Selatan komitmen untuk menjaga lingkungan tetap dipegang teguh lantaran jika kerusakan alam di dataran tinggi, maka daerah hilir akan kebagian bencana.

Visi dan Misi yang ada tidak akan berjalan lancar tanpa usaha yang maksimal dan dukungan program lainnya. Apa saja tujuan besar lain untuk Kota Pagaralam?

Memang, untuk memperkuat ekonomi kerakyatan tidak cukup berkutat pada kesehatan, kecerdasan dan berakhlak mulia. Untuk itu, pemerintah berkewajiban memenuhi kebutuhankebutuhan dari masyarakat salah satunya transportasi. Sebab, Kota Pagaralam dari ibu kota Provinsi Sumsel Palembang jaraknya cukup jauh bisa tujuh hingga sembilan jam.

Terlebih lagi, sebagai daerah tujuan wisata agar bisa maju dan pengunjung yang datang harus banyak. Terlebih lagi, Kota Pagaralam memiliki primadona di bidang pertanian dan satu-satunya memiliki kesejuhan dan keindahan, adalah Kota Pagaralam. Pagaralam saat ini memasuki masa transisi dari pertanian kepariwisata. Selain modal ada, kawasan wisata juga memadai.

Transportasi jenis apa yang sudah terwujud dan dalam waktu dekat akan diwujudkan?

Pada masa kepemimpinan Wali Kota Pagaralam H Djazuli Kuris dan saya menjabat wakilnya, telah dibangun Bandara Atung Bungsu untuk mempermudah orang datang ke Kota Pagaralam yakni Bandara Atung Bungsu, di Kecamatan Dempo Selatan. Namun, transportasi udara ini terbatas sehingga butuh perbaikan jalur darat. Untuk itulah, kami memiliki program memperpendek jarak antara dengan membangun jembatan Layang Lematang dan jembatan layang Endikat. Pembangunan jembatan ini sudah mulai berjalan dan direnca nakan tiga tahun anggaran melalui dana pusat, provinsi dan Kota Pagaralam.

Jika program ini terwujud, apa man - faatnya bagi masyarakat Kota Pagaralam?

Jelas, jika jembatan layang ini sudah terwujud, manfaatnya akan dirasakan sangat besar. Pasalnya, upaya-upaya dalam hal menggapai program ini tidak lain bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Pagaralam. Memang, jalan ini merupakan jalan Negara dan dilakukan oleh Negara. Ketika jembatan ini selesai dibangun, maka transportasi di Kota Pagaralam ke Palembang akan lancar. Jadi, sebagai daerah penghasil sayuran, kita bisa memasok sayur segar ke Palembang. Jadi, sayuran tidak akan layu ketika sampai ke Palembang.

Di bidang kesehatan tentunya tidak kalah penting bagi suatu daerah. Terlebih lagi, Kota Pagaralam sudah memiliki RSUD Besemah, pelayanan yang ada sudah berjalan sesuai harapan atau tidak?

Memang rumah sakit sangat penting agar kesejahteraan masyarakat maksimal. Untuk peningkatan RSUD Besemah lantaran pening katan status banyak yang harus dilakukan. Jadi, prinsip kesehatan adalah memberikan pelayanan kesehatan dan mendekatkan seperti Puskesmas, Pustu, Polindes dan lainnya. Untuk Kota Pagaralam pembangunan Puskesmas, Pustu, Polindes sudah mak simal.

Di mana masyarakat sudah bisa men da patkan pelayan an sebelum datang ke RSUD Besemah. Apalagi, untuk RSUD Besemah, bukan hanya masyarakat Kota Pagaralam saja sebagai pasien. Dari ca tat an yang ada kunju ngan pasien di RSUD Be semah 50% dari Pagaralam dan 50% dari daerah te tangga seperti Kabupaten Em patlawang, Kabupaten La hat, Bengkulu Selatan dan lainnya.

Jadi, guna memenuhi kebutuhan ini kami melakukan pembaharuan desain seperti menambah ruang rawat VIP lantaran permintaan sangat banyak. Kemudian layanan juga harus ditingkatkan seperti untuk spesialis jantung hanya ada di Kota Pagaralam untuk Sumsel.

Tenaga kesehatan di Kota Pagaralam sudah tercukupi?

Untuk kebutuhan akan dokter di Kota Pagaralam jelas kurang, untuk dokter umum khusus untuk Puskesmas kurang. Kemudian, untuk mengisi kurangnya dokter spesialis ini kami juga sudah melakukan program beasiswa bagi dokter. Dengan begitu, kebutuhan dokter setiap tahun akan terpenuhi, namun sayangnya setelah disekolahkan banyak dokter tidak berminat mengabdikan diri di Kota Pagaralam lantaran beberapa alasan.

Selain itu, apa lagi program untuk mensejahterakan masyarakat Pagaralam yang umumnya adalah petani ini?

Program kedepan yakni pertanian. Pertanian ini jarang sekali diekspos padahal potensi ini sangat bagus jika dikembangkan dengan serius. Untuk itulah, kami akan mengoptimalkan potensi ini dengan cara membangun Irigasi Lematang yang pada tahun ini mulai berjalan dengan mekanisme anggaran multiyears. Untuk irigasi ini akan mengaliri 3.000 ha sawah.

Kalau 1 ha sawah yang mengelolah satu orang dan memiliki anak empat orang maka sudah pasti sekitar 12.000 terselamatkan. Jelas, ekonomi kerakyatan langsung meningkat. Inilah program yang dijalankan dan kontrak sudah berjalan. Program ini juga sudah dijalankan pada saat masih menjabat menjadi Wakil Wali Kota Pagaralam. Kemudian, yang menjadi idaman masyarakat Kota Pagaralam lainnya yakni pembangunan irigasi Air Merah. Irigasi ini akan mengaliri 6.000 hasawah dan ini yambung dengan program Presiden Joko Widodo.

Pariwisata adalah andalan Kota Pagaralam. Selain menyajikan wisata alam yang sudah teruji, wisata apa lagi yang akan diberikan untuk pengunjung?

Kemudian untuk pariwisata kami akan kemas sedimikian rupa sehingga wisatawan yang datang ke Kota Pagaralam lebih mengarah kepada pendidikan. Khusus untuk anak-anak maka akan disajikan wisata pendidikan seperti mengenalkan binatang seperti ayam, ikan dan lainnya. Kemudian, khusus anak dewasa akan disajikan wisata adventur dan outbound karena sangat cocok dengan kontur Kota Pagaralam.

Nah untuk orang tua akan disajikan wisata santai sehingga bias menikmati indahnya alam Kota Pagaralam dikaki Gunung Dempo. Namun, pengembangan wisata ini tidak semudah membalik telapak tangan sehingga perlu perubahan pola pikir masyarakat yang selama ini menjadi petani. Bagaimana tidak, masyarakat belum mengerti peluang yang mendapatkan uang, ketika banyak pengunjung masyarakat bisa menjual makanan dan souvenir.

Bagaimana menghidupkan para pelaku usaha di Kota Pagaralam ini?

Untuk kawasan pasar kami akan menata dengan baik sehingga masyarakat bisa mendapatkan tempat yang layak terutama pedagang kaki lima. Salah satu upaya pembenahan yakni pasar Sub Agrobisnis Terminal Nendagung akan ditata kembali menggunakan dana APBN yang selama ini berupa kios dan tenda menjadi pasar Tradisional Modern.

Pasar ini akan dijadikan sentral niaga dan publik. Dengan begitu, kami optimis dengan adanya pasar ini maka pedagang yang masih membandel akan setuju untuk menempati kios yang akan disediakan nantinya. Selain itu, pengujung yang datang ke Kota Pagaralam nanti bisa mendaptkan apa saja di pasar ini nanti.

Selain potensi yang sudah disajikan, potensi SDA Kota Pagaralam juga tidak kalah dengan daerah lain yakni batu akik. Bagaimana cara Pemkot Pagaralam mengelolah SDA ini?

Untuk sumber daya alam, Kota Pagaralam sangat kaya. Buktinya baru-baru ini dengan hebohnya masalah batu akik di Kota Pagaralam juga terdapat batu akik yang tidak kalah dengan daerah lain dan mampu menorehkan berbagai prestasi. Bahkan, dengan munculnya batu akik ini, bisa menumbuhkan ekonomi kerakyatan dan membuat banyak usaha di berbagai pelosok daerah. Namun, karena eksplorasi besar-besaran dapat membuat alam rusak sehingga kami akan membatasi kawasan yang bisa digali. Untuk di Kota Pagaralam nantinya akan dibuatkan sertifikat jika itu batu dari Kota Pagaralam.
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7067 seconds (0.1#10.140)