Harga Perak Bergerak Naik

Jum'at, 12 Juni 2015 - 09:39 WIB
Harga Perak Bergerak Naik
Harga Perak Bergerak Naik
A A A
PALEMBANG - Tingginya de ma nd terhadap gagang batu (ring) cincin, membuat harga perak di tingkat pasar diPalembang me rangkak naik. Kenaikan tersebut mulai terjadi di Pasar 16 Ilir Palembang.

Penggila batu dan per hiasan yang ingin mempercantik batu akik, rela mencari gagang cincin perak yang sesuai dengan keinginan mereka. Hardiansyah, pemilik Mutiara Emas, mengaku mampu menjual lebih dari 20 gagang cincin perak dengan berbagai jenisnya setiap hari. “Dulu memang jarang orang mencari perak. Lebih banyak membeli emas. Tapi karena maraknya batu akik, me reka ada alternatif selain logam mulia untuk menghias jari me reka,” katanya, kemarin.

Tak ayal, tingginya demand tersebut mendongkrak harga jual perak yang semula berada di posisi Rp15.000/gram menjadi Rp25.000/gram. Diakui Hardiansyah, untuk membuat satu gagang batu cincin, memerlukan setidaknya 8-10 gram perak. Jumlah ini, belum termasuk upah menempah ring tersebut. “Kita siap bantu kolektor dan konsumen untuk menempah gagang itu,” imbuh Hardiansyah.

Pedagang perak di Pasar Km 5, Santoso pun mengakui hal yang sama. Meski harga jual perak masih stabil, tingginya permintaan membuatnya menaikkan harga. Karena bahan bakunya dari luar Palembang dan perlu ongkos kirim. “Mudah-mudahan tidak berubah. Tapi kalau minat terhadap batu akik tetap tinggi, bukan tidak mungkin, harga perak menjadi naik,” kata pemilik Sriwijaya Emas ini.

Menurutnya, harga perak ber beda dengan pergerakan emas, yang naik turun berdasarkan harga emas dunia. “Booming batu akik mulai terjadi sejak satu tahun terakhir. Apalagi mendekati Ramadan dan hari raya Idul Fitri. Masyarakat pencinta batu akik, tentu lebih memilih perak ketimbang emas sebagai pelengkap batu koleksi miliknya,” pungkasnya.

Andhiko tungga alam
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7666 seconds (0.1#10.140)