Jerman Tertarik Kelola Sampah

Selasa, 09 Juni 2015 - 09:59 WIB
Jerman Tertarik Kelola Sampah
Jerman Tertarik Kelola Sampah
A A A
PALEMBANG - Pemerintah Jerman mengirimkan tim ke Kota Palembang dalam rangka studi kooperatif tentang pengelolaan sampah.

Bahkan, Pemerintah Jer man akan memberikan bantuan teknologi pengelolaan sampah berdasarkan hasil penelitiannya di Palembang. Menurut Ketua Tim Peneliti Florian, ia bersama tim telah meninjau beberapa lokasi lapangan seperti di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sukawinatan. “Pengelolaan sampahnya sudah lebih baik. Namun, perlu ada teknologi yang ditambah di TPA Sukawinatan agar lebih baik lagi. Ha rus ditingkatkan lagi pengelolaan sampahnya,” ungkapnya saat bertemu dengan Plt Wali Kota Palembang, kemarin.

Florian menuturkan, dengan melalui studi kooperatif atau stu di perbandingan yang dilakukan ini, maka tim merumuskan hasil peneli tian yang akan menjadi reko mendasi bagi Pemerintah Kota Palembang maupun Peme rintah Jerman. “Kami akan merumuskan hasil studi dalam bentuk rekomendasi sehingga diketahui apa yang paling dibutuhkan Palembang dalam penanganan sampah dan nanti Pemerintah Jerman akan memberikan bantuan langsung kepada Pemerintah Kota Palem - bang,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Wali Kota Pa lembang Harnojoyo menanggapi positif kedatangan tim dari Jer man ini. Ia berharap studi yang dilakukan pihak Jerman dapat menemukan solusi baru dalam penanganan sampah. “Kami ingin terus melakukan pengembangan khususnya da lam teknologi pengelolaan sam pah sehingga masalah sampah di Palembang akan benar-benar teratasi dengan mendatangkan manfaat kepada masyarakat,” kata Harnojoyo.

Kepala Dinas Kebersihan Kota (DKK) Palembang Agoeng Nugroho menambahkan, TPA Sukawinatan yang dikunjungi merupakan TPA unggulan. Tim dari Jerman berang gapan TPA Suka wina tan merupakan TPA paling baik di antara kabupaten/kota yang pernah mereka kun jungi.

“Kita berharap melalui studi kelayakan yang dilakukan tim, pihak Jerman direncanakan memberi bantuan dan investasi untuk pengembangan TPA Sukawinatan,” ujarnya.

Sierra syailendra
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6760 seconds (0.1#10.140)