Siswa-Guru Ramai-Ramai Jalan Kaki

Sabtu, 06 Juni 2015 - 09:46 WIB
Siswa-Guru Ramai-Ramai...
Siswa-Guru Ramai-Ramai Jalan Kaki
A A A
MUARAENIM - Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS), SMA Bukit Asam Tanjung Enim menerapkan program sehari tanpa kendaraan bermotor(ranmor) kemarin.

Ratusan siswa dan guru serta pegawai di sekolah tersebut sama-sama berjalan kaki ke sekolah. Padahal, biasanya ratusan sepeda motor milik siswa dan mobil milik guru terparkir di halaman sekolah. Namun, kemarin hal tersebut tidak tampak sama sekali. Kendaraan bermotor milik siswa dan guru, semuanya terparkir di halaman gedung Kamar Bola kantor pusat PT Bukit Asam Tanjung Enim yang berjarak lebih kurang 2 kilometer dari sekolah.

Dari Kantor PTBA ke sekolah, siswa dan guru di haruskan berjalan kaki. Ketua Adiwiyata SMA Bukit Asam Rusnaidi mengatakan, bukan hanya tidak boleh menggunakan kendaraan bermotor ke sekolah. Semua warga sekolah, baik guru maupun pegawai dan sekuriti, tidak diperkenankan merokok di lingkungan sekolah. “Namanya program kita hari ini adalah sehari tanpa polusi da lam rangka memperingati hari Lingkungan Hidup Sedunia,” jelasnya.

Sementara, Kepala SMA Bukit AsamNurbaiti, meng ata kanselain berjalan kaki ke sekolah, siswa juga diajak menggelar lomba kebersihan antarkelas. Apalagi menurutnnya, SMA Bukit Asam ber komitmen men jadi sekolah Adiwiyata Nasional Mandiri. “Kita mengajak para siswa untuk berusaha mandiri dan menimbulkan kesadaran mereka akan lingkungan,” jelasnya.

Sementara, para siswa menyambut antusias kegiatan tersebut. Bahkan, beberapa di an taranya mengaku, jika memang selama ini mereka sudah terbiasa berjalan kaki ke sekolah. Salah seorang siswa kelas X SMA Bukit Asam, Rendi mengaku, dirinya selama ini selalu menggunakan sepeda motor ke sekolah. “Ada asyiknya juga, jadi ingat cerita bapak saya, bagaimana mereka dulu sekolah juga berjalan kaki,” ujarnya.

Irhamudin sp
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0952 seconds (0.1#10.140)