Jelang Ramadan, Pengemis Musiman Serbu Sampang

Jum'at, 05 Juni 2015 - 10:40 WIB
Jelang Ramadan, Pengemis Musiman Serbu Sampang
Jelang Ramadan, Pengemis Musiman Serbu Sampang
A A A
SAMPANG - Menjelang bulan suci Ramadan, pengemis musiman mulai menyerbu Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur. Mereka mendatangi sejumlah tempat keramaian seperti pasar.

Tidak hanya itu, pengemis juga datang ke perkantoran di lingkungan Pemkab Sampang, serta ke rumah-rumah warga. Kondisi tersebut membuat masyarakat harus menyiapkan uang receh.

"Akhir-akhir ini memang sering ada pengemis datang ke rumah. Bahkan sehari sampai ada tiga pengemis yang ke rumah," terang salah seorang warga Kelurahan Dalpenang, Kecamatan Kota, Sampang, Rawi, Jumat (5/6/2015).

Menurut Rawi, pengemis yang datang ke rumahnya sebagian besar perempuan dan membawa anak-anak. Hal itu dilakukan untuk membuat masyarakat iba sehingga memberi uang.

"Ya, kalau lagi ada uang saya beri. Namun, jika tidak punya uang, ya tidak diberi. Ini memang sudah menjadi kebiasan, ketika menjelang puasa banyak pengemis datang ke rumah," paparnya.

Terpisah, Kepala Dinas sosial tenaga kerja dan transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Sampang Malik Amrullah membenarkan adanya fenomena tersebut. Pengemis yang mulai berdatangan ke daerahnya merupakan pengemis musiman.

"Pengemis itu kebanyakan berasal dari Sumenep dan Pemekasan. Kita akan koordinasi dengan Satpol PP untuk penertiban para pengemis ini," tukasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2164 seconds (0.1#10.140)