KBB Siap Tarung Lawan PDIP

Selasa, 02 Juni 2015 - 07:50 WIB
KBB Siap Tarung Lawan PDIP
KBB Siap Tarung Lawan PDIP
A A A
BOYOLALI - Pertarungan Pilkada Boyolali yang berlangsung akhir Desember mendatang diprediksi akan berlangsung sengit. Enam partai politik (parpol) menyatakan telah berkoalisi untuk melawan jago yang akan diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Koalisi parpol yang mendeklarasikan diri dalam Koalisi Boyolali Bangkit (KKB) adalah Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Demokrat. Deklarasi dihadiri para pengurus inti, yakni Adha Nur Mutahid dari PAN, Fuadi (Golkar), Dwi Purwanto (Demokrat), Singgih Usman Fuadi (Gerindra), Muhajirin (PKB), dan Saifudin Manaf (PKS).

Setelah deklarasi, KBB langsung membuka pendaftaran bakal calon (balon) yang ingin maju dalam Pilkada Boyolali. Pendaftaran dibuka 1-16 Juni mendatang. “Dari jumlah suara maupun perolehan 20 kursi di DPRD, kami bisa mengusung calon sendiri,” ujar ketua Presidium KBB Fuadi seusai deklarasi di Kantor DPD II Partai Golkar Boyolal, kemarin.

Setelah pendaftaran ditutup, KBB akan melakukan penyaringan yang beranggotakan 18 orang dari semua unsur partai yang terlibat. Selain itu, nantinya akan disurvei siapa calon yang layak dijagokan. KBB menyatakan siap bertarung dengan PDIP yang dipastikan mampu mengusung calon sendiri karena memiliki kursi mayoritas di DPRD Boyolali.

Dengan munculnya koalisi partai, kemungkinan besar hanya dua calon yang akan bertarung dalam pilkada di kabupaten berslogan “Tersenyum” tersebut, yakni calon dari KKB dan yang diusung PDIP. “Namun, kemungkinan masih bisa bertambah kalau ada calon independen yang maju,” ucapnya.

Sehari setelah dibuka, ada empat orang yang langsung mengambil formulir. Tiga di antaranya Fuadi dari Golkar, Santoso (Gerindra), dan Muhajirin (PKB). Satu lagi adalah Wakil Bupati Boyolali Agus Purmanto yang pengambilan formulirnya diwakilkan.

Meski secara hitung-hitungan perolehan suara saat pemilu legislatif masih kalah dengan PDIP, KBB menyatakan tetap optimistis dalam pilkada yang digelar akhir Desember mendatang. “Sudah banyak kenyataan yang kecil bisa mengalahkan yang besar,” ujar Ketua Harian KBB Saifudin Munaf.

Ary wahyu wibowo
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6680 seconds (0.1#10.140)