Dewan Kehormatan Kwarcab Muba Dibentuk

Sabtu, 30 Mei 2015 - 07:45 WIB
Dewan Kehormatan Kwarcab Muba Dibentuk
Dewan Kehormatan Kwarcab Muba Dibentuk
A A A
SEKAYU - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Muba resmi membentuk Dewan Kehormatan Kwarcab Muba.

Pembentuk an Dewan Kehormatan ini di - lakukan sesuai dengan ketentuan UU No 12 tahun 2010 tentang Ge - rakan Pramuka. Ketua Harian Kwarcab Muba, Dicky Meiriando mengatakan, bah wa Dewan Kehormatan ada lah badan kelengkapan Kwarcab yang bertugas memberikan per timbangankepada KetuaKwar cabdalam menetapkan pembe rian anuge - rah, penghargaan, sank si, dan re - ha bilitasi.

“Dewan Kehormatan ju - g a memiliki we wenang untuk me - nilai sikap dan perilaku anggota pramuka,” ujar dia, kemarin. Dengan adanya kewenangan penilaian tersebut, maka dapat diketahui secara pasti dan benar apa yang dilakukan oleh para ang - gota dan apa yang akan diberikan, baik itu tanda jasa atau sanksi.

“Dewan Kehormatan nantinya akan menilai sikap dan perilaku anggota Gerakan Pramuka yang melanggar kode kehormatan pra - mu ka atau merugikan nama baik Gerakan Pramuka,” tegas dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, de wan kehormatan terdiri dari li - ma orang, dimana untuk Kwar cab Muba struktur Dewan Kehor ma - tan terdiri dari Ketua Dewan Ke - hor matan AKP H Qotruddin, Wa - kil Ketua Gustiana, Sekretaris Zul - ganda Atmaja, anggota H Hasan Basri dan Iskandar Za karia. “De - ngan adanya dewan ke hormatan ini kita berharap ke depannya pe - ng awasan terhadap anggota dapat dilakukan dengan baik,” harap dia.

Sekretaris Kwarcab Muba, Zul ganda menambahkan, kepe - ngu rus a n Dewan Kehormatan Kwarcab Muba dibentuk berda - sarkan SK Kwarcab Muba No 31 tahun 2015 yang ditandatangani langsung oleh Ketua Kwarcab Muba H Sohan Majid.

“Sebelum dipilih, dibentuk, dan dilantik, Kwarcab Muba ter le - bih dahulu melaksanakan ra pat pim pinan untuk memilih lima ca - lon yang masuk dalam kepe ng - urusan dewan kehor matan, se lan - jutnya baru dilan tik,” tan das dia.

Sementara itu, Ketua Harian Majelis Pembimbing Gerakan Pra muka Kwarcab Muba, Beni Her nedi mengatakan, kegiatan pramuka sangat berperan dalam membentuk jadi diri bangsa dan harus terus digalakkan.

“Ke de - pan bangsa Indonesia harus tam - pil sebagai bangsa yang unggul dan maju. Sejalan de ngan hal ter - sebut, sangat dibu tuhkan peran - an Pramuka dalam membentuk jiwa jati diri bangsa dan sebagai penyelamat kaum muda sebagai generasi penerus,” tandas dia.

Amarullah diansyah
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7073 seconds (0.1#10.140)