Pemkab Majalengka Gelar Festival Kaulinan Barudak Lembur

Jum'at, 29 Mei 2015 - 03:00 WIB
Pemkab Majalengka Gelar Festival Kaulinan Barudak Lembur
Pemkab Majalengka Gelar Festival Kaulinan Barudak Lembur
A A A
MAJALENGKA - Guna melestarikan permainan tradisional anak khas Jawa Barat yang mulai dilupakan, Pemerintah Kabupaten Majalengka menggelar Festival Kaulinan Budak Baheula (Alimpaido) tahun 2015 yang dipusatkan di lapangan Pujasera Kota Majalengka.

Pesertanya merupakan perwakilan pelajar Sekolah Dasar (SD) dari masing-masing perwakilan kecamatan se-Kabupaten Majalengka. Adapun festival yang dilombakan antara lain, kelom batok, perepet jengkol, engrang, rorodaan, gangsing, bedil jepret, sumpit, sorodot gaplok, balon sarung, gatrik.

Setiap panitia maupun peserta diwajibkan mengenakan pakaian kampret (adat sunda) dan iket sunda di kepalanya.

Bupati Majalengka, Sutrisno yang diwakili Asisten Daerah (Asda) II, Iman Pramudya S mengatakan, pelaksanaan festival kaulinan budak baheula merupakan rangkaian peringatan hari jadi Kabupaten Majalengka ke 525 tahun 2015 yang jatuh setiap tanggal 7 Juni.

"Kegiatan ini juga dimaksudkan dalam rangka melestarikan budaya sunda. Yakni berupa permainan anak-anak zaman dahulu yang biasa dimanikan dan sekarang hampir tergantikan dengan permainan serba modern," paparnya.

Pemkab Majalengka sendiri merasa kecewa dengan hampir punahnya permainan anak zaman dahulu yang penuh makna dalam setiap permainannya.

"Nah lomba ini juga sekaligus dalam rangka mereflesikan permainan zaman dahulu, dengan menjaga warisan budaya sunda yang hampir dilupakan generasi anak zaman sekarang," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3407 seconds (0.1#10.140)