Pulang Kampung, Jokowi Nikmati Suasana Solo

Senin, 25 Mei 2015 - 10:16 WIB
Pulang Kampung, Jokowi Nikmati Suasana Solo
Pulang Kampung, Jokowi Nikmati Suasana Solo
A A A
SOLO - Acara pulang kampung ke Solo dimanfaatkan Presiden Joko Widodo untuk bertemu dengan para wartawan kemarin.

Namun, bukan untuk menggelar jumpa pers, presiden hanya mengajak makan siang dengan para awak media yang selama ini biasa meliput di Kota Solo. Kedatangan Jokowi tidak didampingi anggota keluarganya. Presiden hanya didampingi Sekretaris Negara (Setneg) Praktikno dan sejumlah staf kepresidenan. Jokowi ternyata masih ingat nama-nama sejumlah wartawan yang dulu sering mewawancarainya saat masih menjabat Wali Kota Solo.

Dia juga memanggil sejumlah wartawan untuk duduk satu meja guna makan siang dengannya. “Mbak Pita duduk sini, dari dulu kok kurus terus,” ujar Jokowi saat memanggil salah satu wartawan Solo. Sebelum santap siang, Jokowi menyampaikan bahwa acara bertemu dengan wartawan bukan konferensi pers sebagaimana kabar yang beredar. “Hari ini tidak ada pertanyaan apa-apa, kalau mau tanya pernikahan ke ibu (istri Jokowi) atau calon mempelai,” ucapnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini dengan lahap menyantap sajian gurame, bumbu acar, cha kul, sate ikan, ikan goreng, dan ayam goreng kremes. Seusai makan, Jokowi menghampiri meja lainnya dan sempat menanyakan perkembangan Pilkada Solo yang akan digelar Desember mendatang. “Calone wali kotasopo iki sing arep maju (calonnya wali kota siapa saja yang akan maju). Sing kuat soko partai opo (yang kuat dari partai apa),” kata Jokowi kepada wartawan.

Setelah bercengkerama dengan para wartawan, sekitar pukul 15.15 WIB, Jokowi mengakhiri makan siang guna bersiap kembali bertolak ke Jakarta. Salah satu wartawan senior di Solo yang namanya juga Joko Widodo mengatakan, kebiasaan Jokowi selama jadi Wali Kota Surakarta dulu ternyata tidak berubahmeskikinimenjadipresiden. “Pak Jokowi saat jadi wali kota memang sering ngobrol dengan wartawan,” ungkapnya.

Sebelum acara makan siang dengan wartawan, Jokowi pagi hari melakukan olahraga jalan kaki di Car Free Day (CFD) di Jalan SlametRiyadisekitarpukul06.00 WIB. Jalan kaki dimulai dari perempatan Gendengan sampai Bundaran Gladak. Mengenakan kaos dan jaket putih serta celana panjang hitam dipadu sepatu putih, Jokowi didampingi Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo berjalan menyusuri jalan utama di Kota Solo sepanjang sekitar tiga kilometer.

Kehadiran Jokowi sempat mengagetkan masyarakat yang memadati lokasi CFD. Mereka berebut berjabat tangan, foto bersama hingga minta tanda tangan.

Ary wahyu wibowo
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8471 seconds (0.1#10.140)