Jurus Iman Kusnandar Majukan Untirta Serang

Sabtu, 23 Mei 2015 - 06:44 WIB
Jurus Iman Kusnandar Majukan Untirta Serang
Jurus Iman Kusnandar Majukan Untirta Serang
A A A
SERANG - Pemilihan Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Serang, Banten, telah memasuki tahap pemaparan visi misi. Masing-masing calon memaparkan visi dan misinya untuk memajukan Untirta sebagai kampus terbaik di Banten.

Di antara peserta yang ikut bursa pemilihan itu adalah Rektor Universitas Islam Syekh Yusuf (Unis) Tangerang, Iman Kusnandar. Kepada wartawan, dia mengaku paparan visi dan misinya berhasil meraih perhatian panelis dan audiens.

"Materi yang saya sampaikan yakni langkah dalam mewujudkan universitas yang memiliki kultur peradaban akademik modern di Indonesia, dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya," katanya, kepada wartawan, Jumat (22/5/2015).

Dia juga mengulas perlunya ditingkatkan kepedulian civitas akademika dalam memajukan lingkungan, dan membantu memecahkan masalah yang dihadapi pemerintah dan masyarakat. Hingga, mencetak kader kepemimpinan di tingkat lokal dan nasional.

"Program pembangunan yang disiapkan untuk tiga periode ke depan atau tahun 2031 saat Untirta berusia 50 tahun itu mendapat respon baik. Untirta harus punya ciri, apalagi di Banten dikental dengan spritual dan nasionalismenya," katanya.

Dia melanjutkan, ada lima kebijakan atau program yang harus dilakukan untuk memajukan Untirta. Pertama, mengembangkan sarana prasarana kampus, meningkatan mutu kinerja akademik dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

"Penataan kelembagaan, peningkatan mutu dan manajemen sumber daya, dan peningkatan mutu pembinaan kemahasiswaan. Program ini sejalan dengan yang diharapkan Untirta kedepan. Ini yang pertama saya lakukan jika terpilih," ungkapnya.

Seperti diketahui, Iman Kusnandar saat ini menjabat sebagai Rektor Unis Tangerang. Dia juga merupakan dosen tetap Untirta sejak 1982. Selain pengalaman akademis, dia juga sempat berkarir di pemerintahan daerah.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Pemilihan Rektor Untirta Fatah Sulaeman mengatakan, konsep pemilihan Rektor Untirta periode 2015-2019 hanya diikuti oleh internal kampus, dan tidak menerima calon dari luar Untirta.

"Rektor Untirta saat ini dijabat oleh Prof DR Soleh Hidayat yang masa jabatannya akan habis pada Oktober 2015. Sehingga, enam bulan sebelumnya harus sudah dipersiapkan untuk penggantinya," terangnya.

Adapun tahapan pemilihan Rektor Untirta, yakni pada 20 Mei 2015 dilakukan penetapan bakal calon rektor oleh senat dan 22 Mei sidang senat terbuka untuk mengetahui visi dan misinya.

Selanjutnya pada 25 Mei 2015, pemilihan calon oleh senat universitas untuk menetapkan tiga nama calon rektor yang akan disampaikan Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi, sekaligus mengudang Menristekdikti.

"Selanjutnya akan diumumkan calon Rektor Untirta terpilih pada 11 Juni 2015 dan pelantikan direncanakan pada 7 Oktober 2015. Pemilihan rektor ini mengacu Permenristekdikti RI No 1 2015 tentang Pemilihan Rektor," pungkasnya.

Baca juga:
Nyalon Rektor Untirta, Iman Kusnandar Minta Dukungan PBNU
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7558 seconds (0.1#10.140)