40 Kios Onderdil Mobil Terbakar

Kamis, 21 Mei 2015 - 10:30 WIB
40 Kios Onderdil Mobil Terbakar
40 Kios Onderdil Mobil Terbakar
A A A
BANDUNG - Sekitar 40 kios onderdil mobil di Pasar Besi Jatayu, Jalan Komodor Udara Supadio, Kota Bandung, habis dilumat si jago merah kemarin. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Kebakaran di RT 4/4, Kelurahan Husein Sastra negara, Kecamatan Cicendo itu berhasil di padamkan oleh belasan unit pemadam kebakaran. Api yang di laporkan terjadi sejak pukul 07.00 WIB akhirnya berhasil di pa damkan satu setengah jam ke mudian atau sekitar pukul 08.30. Api diduga berasal dari kios strum aki, akibat konsleting listrik. Kabid Pemadam Kebakaran Kota Bandung Yoseph Heryansyah menuturkan, informasi ke bakaran ini diterima sekitar pukul 7.18 WIB dari warga yang me laporkan ke Damkar Kota Bandung.

Menurut dia, sekitar 15 unit ken daraan pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. “15 armada di kerahkan dari Kota Bandung, Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Angkasa Pura Husein Sastra negara. Mereka berhasil men jinakkan api dalam waktu satu jam,” katanya yang di temui di lokasi kejadian.

Dikatakan dia, api diduga ber asal dari kios depan pasar yang merembet hingga belakang kios Pasar Jatayu. “Api diduga dari salah satu kios strum aki,” katanya. Pada saat kejadian sempat ada sebuah ledakan dari kios yang menyediakan jasa pengisian aki kendaraan ini. “Iya sempat ada ledakan, dugaan sementara di akibatkan konsleting listrik,” katanya seraya menambahkan jika kerugian diperki rakan ratusan juta rupiah.

Ditemui ditempat yang sama,Kepala PD Pasar bermartabat Kota Bandung Rinal Siswa di menuturkan,kios yang adadi Pasar Besi Jatayu ini sekitar 372 unit. Sementara puluhan kios yang terbakar ini berada diblok Ayang jumlahnya kurang lebih mencapai 70 kios. Akibat kebakaran ini sekitar 40 kios atau 15 persen kios terbakar. “Ini musibah, kami akan minimalisir. Nanti kami akan kumpulkan para pedagang untuk diberikan pengarahan supaya tak terjadihal yang tak diinginkan,” katanya.

Rinal menjelaskan, kebanyakan diBlok A ini dihuni pedagang onderdil mobil, namun dikios depan dipergunakan untuk pedagang jasa pengisian aki. Pada saat kejadian, kiosdi Pasar Besi Jatayu belum ada yang buka. “Kemungkinan diakibatkan konsleting listrik, karena kan kalau pengisian aki ini harus terusnyala selama 24 jam,” ujarnya. Kini pihaknya sedang menunggu keputusan dari pihak Inafis Polrestabes Bandung yang sedang melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

“ Kedepannya kami akan melakukan penataan kembali,” katanya. Selain diPasar Jatayu, kebakaran lainpun terjadi diKantor Urusan Agama diJalan Caringin, Kelurahan Babakan Ciparay, Kecamatan Babakan Ciparay, tepatnya dibelakang Pasar Caringin. Kebakaran ini terjadi sekitar pukul7.10WIB. Api membakar ruangan arsip Kantor Urusan Agama (KUA).

Asal mula api masih dalam penyelidikan, sedang area yang terbakar kurang lebih 4x6 meter persegi. Pemadaman api berlangsung cepat, oleh dua unit armada dan satu unit penyelamat.

Agie permadi
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4171 seconds (0.1#10.140)