Selma Mutiara Hani, Peraih Nilai UN IPA Tertinggi DIY

Jum'at, 15 Mei 2015 - 18:49 WIB
Selma Mutiara Hani, Peraih Nilai UN IPA Tertinggi DIY
Selma Mutiara Hani, Peraih Nilai UN IPA Tertinggi DIY
A A A
YOGYAKARTA - Pengumuman kelulusan tingkat SMA/MA/SMK telah dilakukan. Peraih nilai UN tertinggi se-DIY untuk jurusan IPA diraih oleh Selma Mutiara Hani, siswi SMA Negeri 3 Yogyakarta. Dengan nilai sempurna untuk mata pelajaran Kimia, Selma meraih total nilai 562,1 untuk enam mata pelajaran yang diujikan.

Prestasi yang diraihnya tersebut, menurut Selma, merupakan hasil kerja kerasnya selama ini. Meski tak menyangka bisa meraih nilai UN tertinggi di DIY, Selma mengaku senang dan prestasi ini dipersembahkan untuk sang ibu tercinta.

"Saya juga kaget waktu diselamati oleh teman-teman. Saya pikir selamat apa. Karena sebenarnya banyak teman-teman yang lebih pintar daripada saya. Tapi saya sadar, ini mungkin buah hasil kerja keras saya," kata Selma, Jumat (15/5/2015).

Menurut Selma, saat belajar dia tidak main-main. "Selain belajar di sekolah, saya biasanya juga tanya-tanya ke guru setelah pulang sekolah. Saya juga ikut tambahan belajar di lembaga bimbingan belajar," ujarnya.

Selma menambahkan, dukungan dan doa sang ibu serta bantuan-bantuan yang diterimanya selama ini dari guru dan teman-temannya juga memiliki andil besar pada prestasinya.

Ditambah dengan doa dan kegigihannya, cita-citanya untuk menjadi seorang dokter seperti sang ibu pun semakin terbuka. Apalagi, saat ini Selma telah dinyatakan lolos SNMPTN untuk Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM).

"Sejak kecil, Ibu memang sudah menekankan pada saya dan adik-adik bahwa belajar adalah kewajiban kami. Namun, kewajiban tersebut juga harus menjadi kecintaan kami karena menurut Ibu, ilmu itu sangat penting. Ajaran inilah yang tertanam dalam benak saya, sampai saya pun mencintai kegiatan belajar," ungkap sulung dari tiga bersaudara ini.

Gadis kelahiran Gresik, 13 Februari 1997 ini pun memiliki siklus belajar yang terjadwal. Selain belajar di sekolah dan lembaga bimbingan belajar, hampir setiap hari ia akan terbangun sekitar pukul 23.00 setelah tidur selama tiga jam.

Tengah malamnya, ia isi dengan aktivitas belajar hingga pukul 03.00. Tak heran jika nilai UN Selma mencapai 91,8 untuk Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris 85,4, Matematika 97,4, Fisika 97,5, Kimia 100, dan 90 untuk Biologi.

"Waktu UN kemarin, Biologi yang paling sulit. Karena soal-soalnya di luar materi UN yang selama ini saya pelajari. Kalau dilihat-lihat bentuk-bentuknya seperti soal olimpiade, sangat teoritis," tuturnya.

Selma juga mengungkapkan pengalamannya saat beredarnya kunci jawaban UN. Ia mengaku langsung menutup mata dan telinga dari kunci jawaban yang beredar. "Saya hanya tidak ingin memalukan almamater saya, orangtua, dan diri sendiri," ujar siswi yang selalu menjadi juara kelas sejak SD ini.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4382 seconds (0.1#10.140)