Nenek Asal Purwakarta Akan Ikut Sayembara Manusia Tertua di Dunia

Selasa, 12 Mei 2015 - 20:12 WIB
Nenek Asal Purwakarta Akan Ikut Sayembara Manusia Tertua di Dunia
Nenek Asal Purwakarta Akan Ikut Sayembara Manusia Tertua di Dunia
A A A
PURWAKARTA - Mak Anami, nenek renta yang diyakini berusia 140 tahun akan mengikuti sayembara manusia tertua di dunia.

Sebelum mengikuti kegiatan tersebut, warga Kampung Bungur Sarang, RT 008/RW 004, Desa Cisarua, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, akan diperiksa tim dokter yang difasilitasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta.

Mak Nini, sapaan akrab Mak Anami, Selasa (12/5/2015), dijemput pihak Pemkab Purwakarta untuk menemui Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi di Gedung Negara Pemkab Purwakarta.

Mak Nini datang dengan didampingi anak, cucu, beserta Kepala Desa Cisarua dan Camat Tegalwaru. Kang Dedi, sapaan akrab Bupati Purwakarta, tampak kagum saat melihat langsung kondisi fisik Mak Nini karena masih terlihat sehat dan segar di usia tuanya.

Bahkan, orangtua dari 12 anak ini belum pikun. Ini terlihat Mak Nini diajak berbincang oleh Kang Dedi. Bukan hanya itu, Mak Nini juga masih bisa berjalan sendiri, kendati harus dipapah.

Setelah berbincang dengan Mak Nini dan keluarganya, Kang Dedi meyakini usia nenek tua tersebut berumur lebih dari satu abad. Sebab, ada salah satu cucu Mak Nini yang usianya sudah 85 tahun.

"Pemkab Purwakarta siap memfasilitasi (Mak Anami) jika mau ikut sayembara manusia tertua di dunia. Tim dokter akan mengambil sampel bagian tubuhnya, seperti gigi atau kuku si nenek dan diteliti secara medis,” kata Kang Dedi.

Alasan penelitian secara medis sampel tubuh Mak Nini karena dia tidak memiliki akta kelahiran. Jika nanti hasil penelitian tersebut menyatakan usia Mak Nini lebih dari satu abad, Pemkab Purwakarta berencana mengajukan nenek renta ini sebagai manusia tertua di dunia.

Adapun manusia tertua yang pernah hidup adalah Jeanne Calment, yang meninggal dunia pada Tahun 1997 di usia 122,5 tahun. Orang tertua yang hidup saat ini adalah Jeralean Talley (115 tahun) dan Susannah Mushatt Jones (115 tahun).

Seperti diketahui, sayembara manusia tertua di dunia digelar oleh miliarder asal Moldova bernama Dmitry Kaminskiy yang menjanjikan hadiah USD1 Juta bagi manusia yang berusia 123 tahun.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0827 seconds (0.1#10.140)