Tapanuli Utara Kaya Objek Wisata Pemandian Air Panas

Selasa, 07 Januari 2020 - 08:53 WIB
Tapanuli Utara Kaya Objek Wisata Pemandian Air Panas
Salah satu objek wisata pemandian air panas di Taput.(Foto/Robert Fernando H Siregar/Okezone).
A A A
TAPANULI UTARA - Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) letak geografisnya di perbukitan dan lembah bukit barisan di pantai barat provinsi Sumatera Utara, kaya dengan sumber air panas.

Oleh warga masyarakat, sumber air panas itu dikelola menjadi tempat pemandian dengan berbagai penataan dan menjadi salahsatu objek pariwisata di daerah itu.

Salahsatu objek wisata pemandian yang diminanti oleh masyarakat, yakni pemandian air panas 'LEHU' di Kelurahan Situmeang Habinsaran, Kecamatan Sipoholon, Taput. Lokasi itu berjarak sekitar 280 kilometer dari Medan atau dengan jarak tempuh 6-7 jam perjalanan darat.

Pengunjung di pemandian air panas 'LEHU' dimanjakan dengan fasilitas kolam renang dan kamar mandi. Di area pemandian tersebut, terlihat dominan rombongan keluarga dengan anak-anak.

Seorang pengunjung, Sari Gultom (35) menerangkan, dia memilih bawa anak untuk mandi ke pamandian air panas 'LEHU', karena pemandian air panasnya tidak mengandung belerang yang begitu banyak.

"Pilihan kita bawa anak-anak ke pemandian air panas ini, karena air panasnya tidak mengandung belerang yang banyak. Area pemandiannya terbuka dan sangat sejuk. Alhasil, nyaman untuk anak mandi,"ujar Sari Gultom, di area pemandian air panas 'LEHU', Senin (6/1/2020).

Eben Ezer Situmeang (33), pengusaha pemandian air panas 'LEHU' menyebut, pengunjung pada saat liburan Natal 2019 dan liburan tahun baru 2020 terjadi peningkatan yang signifikan dibanding tahun sebelumnya.

"Pengunjung pada liburan Natal 2019 dan liburan tahun baru 2020 ini, meningkat sekitar 50 persen dibanding tahun sebelumnya. Pada umumnya, pengunjung didominasi keluarga yang bawa anak,"tutur Eben Ezer Situmeang.

Kepala Dinas Pariwisata Taput, Binhot I Aritonang menjelaskan, di daerah itu objek wisata pemandian air panas tersebar di Kecamatan Sipoholon, Kecamatan Tarutung, Kecamatan Pagaran, Kecamatan Simangumban dan Kecamatan Pahae Jae.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.4064 seconds (0.1#10.140)