Tito Dipercaya Jadi Menteri Dalam Negeri

Rabu, 23 Oktober 2019 - 11:01 WIB
Tito Dipercaya Jadi Menteri Dalam Negeri
Jenderal (Pol) Tito Karnavian dipercaya Presiden Jokowi sebagai Mendagri.Foto/SINDOphoto/Dok
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menugaskan Mantan Kapolri Tito Karnavian untuk menjabat menteri dalam negeri (Mendagri).

"Kemudian Bapak Mohammad Tito Karnavian sebagai Menteri Dalam Negeri," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Halaman Istana Merdeka, Rabu (23/10/2019).

Tito pun diminta untuk melakukan sinergi dengan pemerintah daerah (pemda).
"Sinergi dengan pemerintah daerah mengenai data kependudukan, E-KTP ada di bawah kewenangan beliau. Termasuk kepastian hukum di daerah dan berkaitan dengan investasi," kata dia.

Seperti diketahui pada tahun 2009-2014, Kemendagri dipimpin oleh sipil yakni Gamawan Fauzi. Gamawan merupakan mantan Gubernur Sumatera Barat (Sumbar). Dia juga sempat menjabat sebagai Bupati Solok.

Sementara di periode 2014-2019, Kemendagri dipimpin oleh Tjahjo Kumolo. Tjahjo merupakan Politikus PDI Perjuangan. Dia merupakan mantan Sekjen PDI Perjuangan dan Mantan anggota DPR lima periode.

Sebelum Gamawan, Kemendagri memang kerap diisi oleh jenderal-jenderal. Terakhir antara lain Mayjen TNI (purn) Mardiyanto, Laksamana TNI (purn) Widodo Adi Sutjipto, Letjen TNI (purn) Mohammad Ma'ruf, dan Letjen (purn) Hari Sabarno.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0916 seconds (0.1#10.140)