Mahfud Sebut Pemicu Konflik Papua Hanya Kesalahpahaman

Kamis, 22 Agustus 2019 - 21:00 WIB
Mahfud Sebut Pemicu Konflik Papua Hanya Kesalahpahaman
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD. FOTO/iNews.TV/Taufik Budi
A A A
SEMARANG - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menyebut konflik di Papua akibat kesalahpahaman yang tak terlalu serius. Untuk itu, seluruh anak bangsa diminta kembali bersatu dan mengakhiri konflik.

“Jika seluruhnya bersatu maka Indonesia menjadi besar dan kalau Indonesia terpecah tidak ada yang diuntungkan, semuanya rugi, Indonesia rugi, Papua rugi,” kata Mahfud MD usai menjadi pembicara dalam Seminar Nasional “Pendidikan Bangsa dalam Menyiapkan SDM Indonesia Menghadapi Revolusi Industri 4.0” di Kota Semarang Jawa Tengah, Kamis (22/8/2019).

“Oleh sebab itu mari kita ambil keuntungan dan kebaikan bersama untuk ke depannya yaitu segera kita akhiri rasa panas di hati. Kemudian bersatu lagi sebagai saudara, sebagai sesama anak bangsa.,” tambah pria asal Madura itu.

Mahfud juga mengapresiasi langkah sejumlah pihak yang mengedepankan kerukunan bangsa. Sebab, tokoh-tokoh adat dan tokoh masyarakat juga memiliki peranan sangat penting untuk menjaga persatuan bangsa.

“Sekarang saya melihat tokoh-tokoh adat, tokoh-tokoh pemerintah pusat, daerah, dan tokoh masyarakat saya kira sudah mengarah ke sana (bersatu). Untuk kita segera bersatu dan mengakhiri kesalahpahaman yang sebenarnya tidak terlalu serius,” beber dia.

“Itu kan hanya kesalahpahaman antar-anak muda yang yang sangat sedikit jumlahnya dan tidak menyangkut hal-hal yang sangat prinsip sebenarnya. Insya Allah akan selesai,” tandasnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2819 seconds (0.1#10.140)