Sarjana Baru Diminta Tingkatkan Kemampuan Teknologi Informasi

loading...
Sarjana Baru Diminta Tingkatkan Kemampuan Teknologi Informasi
Rektor UNY Sutrisno Wibowo mewisuda sarjana baru di GOR UNY, Sabtu (29/2/2020). FOTO : SINDOnews/Priyo Setyawan
YOGYAKARTA - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mewisuda 1122 lulusan di GOR UNY, Sabtu (29/2/2020). Jumlah tersebut terdri dari program doktor (S3), 29 orang porgram magister (S2) 184 orang, program sarjana (S1) 866 orang dan program diploma 3 (D3) 43 orang.

Rektor UNY Sutrisna Wibawa mengatakan, di era revolusi industri 4.0 dengan digitalisasi dan otomasi, di satu sisi memberikan kemudahan dalam melakukan kegiatan namun di sisi lain juga mengambil alih peran atau menggeser berbagai lini di kehidupan, termasuk di bidang pendidikan.

“Untuk itu sebagai lulusan di era teknologi informasi, maka para wisudawan juga wajib memperkuat kemampuan teknologi informasi yang menjadi ciri dunia kerja di era digital. Apalagi internet literasi akan memudahkan dalam menjalankan tugas-tugas di dunia kerja,” kata Sutrisno Wibowo dalam sambutannya.

Menurut Sutrisno para lulusan juga harus memiliki kemampuan bekerja, baik secara individual ataupun dalam tim. Ini penting, karena kemampuan kerja sama dan berkoordinasi dengan pekerja lain akan menjadi nilai plus, selain pengetahuan dan keterampilan yang sudah diperoleh di kampus.



Termasuk juga dengan memperkuat peran di dunia kerja yang tidak lagi bersifat linear, tetapi lebih bersifat divergent, sehingga lulusan perlu mempunyai kemampuan tambahan di samping kemampuan utamanya.

“Lulusan non kependidikan perlu juga melihat ke dalam dirinya sendiri terkait dengan potensi di luar core competence,” paparnya.

Staf Humas UNY, Dedy Herdito menambahkan, untuk sebaran 1122 lulusan UNY periode Februari 2020. Pada program pascasarja (PPs) ada 213 orang, FIP 95 orang, FBS 203 orang, FMIPA 71 orang, FIS 147 orang, FT 172 orang, FIK 137 orang, dan FE 84 orang.
(nun)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top