Komisioner KPU asal Banjarnegara Wahyu Setiawan Ditangkap KPK

loading...
Komisioner KPU asal Banjarnegara Wahyu Setiawan Ditangkap KPK
Komisioner KPU, Wahyu Setyawan menjadi salah satu orang yang diamankan dalam OTT KPK, Rabu (8/1/2020). FOTO/DOK.SINDOnews
JAKARTA - Komisioner KPU, Wahyu Setiawan menjadi salah satu orang yang diamankan dalam Operasi Tangkap Tangan Komisi Pemberantasan Korupsi (OTT KPK), Rabu (8/1/2020). Pria kelahiran Banjarnegara 5 Desember 1973 itu diduga terlibat dalam transaksi suap.

"Komisioner KPU atas nama WS," kata Ketua KPK Firli Bahuri saat dikonfirmasi, Rabu (8/1/2020).

Selain, WS, Firli mengungkapkan pihaknya juga meringkus sejumlah pihak lain. Para pihak tersebut ditangkap lantaran diduga terlibat dalam transaksi suap, namun Firli tidak mengungkapkan siapa pihak lain itu. "Pemberi dan penerima suap kita tangkap," katanya.

Dihubungi secara terpisah, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengakui, tim KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Jakarta pada Rabu (8/2/2020) siang. Dari OTT tersebut, KPK menangkap beberapa orang, satu di antaranya komisioner KPU berinisial WS.



Kendati demikian dia belum mendapatkan informasi lanjutan dari tim penyelidik apakah ada juga seorang anggota DPR yang ditangkap.

"Informasi awal seperti itu, Komisioner KPU inisial WS diamankan Rabu siang. Tapi apakah ada anggota DPR yang juga diamankan, saya belum dapat informasi," kata Alexander kepada SINDO ketika ditanya tentang apakah komisioner KPU yang ditangkap adalah Wahyu Setiawan, Rabu (8/1/2020) sore.

Alexander mengatakan, penangkapan terhadap WS tersebut telah melakukan proses penyelidikan termasuk pemantauan di lapangan. WS bersama pihak lain ditangkap setelah terjadi transaksi serah-terima uang. Hanya Alexander mengaku belum menerima informasi lanjutan jumlah uang tersebut apakah ratusan juta atau miliaran.



"Ada barang bukti berupa uang yang juga diamankan tim. Jumlahnya berapa masih didalami penyelidik dan penyidik," katanya.
(amm)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top