alexametrics

Kawung Tilu Bojong Rangkas, Tempat Wisata Murah Meriah di Cikarang

loading...
Kawung Tilu Bojong Rangkas, Tempat Wisata Murah Meriah di Cikarang
Wisata alam Kawung Tilu Bojong Rangkas, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Foto/SINDO/Abdullah M Surjaya
A+ A-
BEKASI - Di tengah hiruk-pikuk industri di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, ada wisata alam Kawung Tilu Bojong Rangkas. Tempat wisata ini murah meriah.

Kawung Tilu Bojong Rangkas terletak di Kampung Ciranggon, Desa Cipayung, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi. Wisata alam ini merupakan taman wisata terbaru di Cikarang yang dikelola oleh para pemuda Cibeet.

Destinasi wisata taman ini dibuka 17 November 2017 dan diresmikan langsung oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi. Wisata alam tersebut saat ini lebih dikenal dengan sebutan wisata alam adventure.



Selama ini di Cikarang tidak ada tempat rekreasi. Dengan kehadiran Kawung Tilu Bojong Rangkas ini diharapkan menjadi destinasi wisata baru. Sudah pastinya warga akan mencari objek wisata terdekat dibandingkan wisata yang jauh.

Tokoh Masyarakat Cikarang Timur, Gunawan, mengatakan, untuk datang ke Kawung Tilu Bojong Rangkas ini sangat mudah. Sebab, wisata alam ini berada di perbatasan antara Cikarang dan Karawang.

"Lokasinya sangat strategis, walaupun di sekitarnya dikelilingi oleh kawasan Industri, tapi suasananya masih alami," kata pemilik wisata alam ini.

Menurutnya, untuk datang ke wisata petualang ini sangat mudah. Warga yang dari arah Sentra Grosir Cikarang (SGC) bisa mengambil arah ke Renggas Bandung Asem. Jika dari Tanjung Pura Karawang hanya membutuhkan waktu 15 menit dan melalui Pasar Bojong menuju Kampung Ciranggon Cipayung, Cikarang Timur.

Gunawan mengaku, saat ini wahana dan fasilitas belum memadai. Namun, dengan ukuran wisata baru, itu sudah lumayan. Apalagi wisata itu berdiri tanpa campur baur dari pemerintah. Wahana yang bisa Anda nikmati saat ini adalah taman wisata dengan pohon pinus yang berjajar rapi.

Anda pun bisa berswafoto di atas perahu dengan landscape Sungai Cibeet. Anda juga bisa berkeliling di kawasan wisata Bojong ini dengan menyewa ATV. Sehingga, wisata ini disuguhkan bagi masyarakat yang ingin berwisata murah meriah dengan keluarganya.

Selain konsep petualangan, wisata alam Kawung Tilu Bojong Rangkas juga menyajikan acara pentas seni budaya lokal seperti pentas seni degung, seni jaipong, topeng banjet, calung, wayang golek, hingga suguhan konser dangdut. Wisata ini dibuka mulai mulai pukul 10.00-24.00 WIB setiap harinya. Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp10.000.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bekasi, Eka Supri Atmadja, mengatakan, Kawung Tilu Bojong Rangkas merupakan alternatif destinasi wisata bagi warga di Kabupaten Bekasi. Menurutnya, kehadiran wisata alam baru ini mampu menyedot wisatawan yang hadir untuk menjajalnya. "Harapan saya bisa memajukan perekonomian warga," katanya.
(zik)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top