Pukul Siswa, Wakil Kepala SMAN 12 Kota Bekasi Dicopot

loading...
Pukul Siswa, Wakil Kepala SMAN 12 Kota Bekasi Dicopot
Foto/SINDONews/Dok/Ilustrasi
BANDUNG - Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat resmi mencopot Idiyanto Muin oknum guru SMA Negeri 12 Kota Bekasi dari jabatannya sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan.

Sanksi tersebut dijatuhkan lantaran Idiyanto Muin melakukan pemukulan kepada siswanya. Aksi tak terpuji tersebut viral di media sosial.

Tindakan tegas yang diambil Disdik Jabar tersebut mengacu kepada Surat Keputusan (SK) Nomor 421/617/SMAN.12/BKS/XI/2019. Selain mencopot jabatan, Disdik Jabar juga mengecam keras tindakan yang dilakukan oknum guru bernama Idiyanto Muin itu.

"Disdik Jabar bertindak tegas dalam menanggapi kasus (pemukulan di SMAN 12 Bekasi) ini. Sudah tidak zamannya lagi melakukan kekerasan untuk membina siswa supaya menjadi benar," tegas Kepala Disdik Jabar, Dewi Sartika di Bandung, Kamis (13/2/2020).



Dewi menjelaskan, keputusan diambil berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2015 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan (pasal 11).

Selain menolak pemukulan terhadap siswa, kata Dewi, Disdik Jabar juga mengecam tindakan oknum guru tersebut karena mencederai komitmen dalam menghadirkan sistem dan tata kelola pendidikan yang maju.

"Tentunya hal itu (pemukulan) mencederai dunia pendidikan, padahal kami sudah meluncurkan berbagai program peningkatan kualitas mental, termasuk (bagi) guru," katanya.



Berbagai program unggulan dalam memajukan dunia pendidikan Jabar melalui aset fundamental itu, lanjut Dewi, di antaranya diterapkan melalui program Jabar Masagi dan kampanye #SenyumKarena.
halaman ke-1 dari 3
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top