5 Anak Koin Pelabuhan Merak Curi Tembaga dan Tabung Gas

Senin, 02 Maret 2015 - 14:16 WIB
5 Anak Koin Pelabuhan Merak Curi Tembaga dan Tabung Gas
5 Anak Koin Pelabuhan Merak Curi Tembaga dan Tabung Gas
A A A
CILEGON - Lima anak koin ditangkap petugas Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak, karena mencuri mesin kopling dan tabung gas di atas Kapal Mesin Penumpang (KMP) Mitra Nusantara.

Kelima anak itu adalah KS (19), MY (15), RN (18), FR (14), dan AI (19). Layaknya pencuri profesional, mereka diketahui mengincar terlebih dahulu sasarannya, yakni truk yang membawa tembaga, serta tabung gas.

"Truk yang diincar membawa barang berharga, seperti tembaga dan tabung gas yang diangkut dari Pelabuhan Bakahuni," Kepala Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak Nana Supriatna, kepada wartawan, Senin (2/3/2015).

Ditambahkan dia, kelima anak itu kemudian menurunkan gas dan tembaga, untuk dibawa ke mobil yang sudah disediakan di Pelabuhan Merak. Namun, barang-barang yang diangkut dijual ke penadah.

“Kami gotong bertujuh, barangnya dijual ke lapak rongsokan Rp3.000 per kilogram. Ditimbang dapat 300 kilogram, jadi sekitar Rp1,05 juta," ungkap salah seorang pelaku.

Ditambahkan dia, uang itu dibagi-bagi lagi, Rp550 ribu untuk kepala komplotan anak itu, Rp100 ribu buat ongkos sopir yang membawa, dan sisanya buat dibagi ke anggota yang lain.

Tak puas dengan hasil yang diperoleh, komplotan ini kembali melakukan aksi susulan dengan mencuri tabung gas yang diangkut truk yang sama. Malang, sebelum sempat mengangkut hasil curian, petugas keamanan di areal pelabuhan memergoki aksi mereka.

Atas perbuatannya, para pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP Tentang Pencurian dengan Pemberatan dengan ancaman kurungan penjara maksimal 5 tahun. "Kami masih mengejar dua orang anggota komplotan ini, sopir, dan penadahnya,” pungkas Nana.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3981 seconds (0.1#10.140)