Gunungkidul Akan Launching Sekolah Siaga Bencana

Kamis, 05 Februari 2015 - 01:01 WIB
Gunungkidul Akan Launching Sekolah Siaga Bencana
Gunungkidul Akan Launching Sekolah Siaga Bencana
A A A
YOGYAKARTA - Wilayah utara Gunungkidul menjadi salah satu wilayah rawan bencana, terutama tanah longsor dan juga puting beliung. Untuk itu kesiap siagaan bencana perlu dilakukan masyarakat, termasuk siswa sekolah.

Tak ayal, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul juga menyiapkan sekolah siaga bencana (SSB) di Kecamatan Ngawen. Salah satu sekolah, yaitu SMKN 1 Ngawen akan di-launching sebagai SSB tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Gunubgkidul Budhi Harjo mengungkapkan, pihaknya sedang mempersiapkan SMKN 1 Ngawen menjadi Sekolah Siaga Bencana (SSB) di Gunungkidul sejak setahun yang lalu.

Langkah ini dilakukan agar kesiap siagaan bencana, tidak hanya dilakukan masyarakat saja. "Bencana tidak pernah memilih lokasi atau korban. Sehingga anak-anak juga punya potensi besar terhadap kerawanan bencana,” terangnya saat gladi bersih pendirian tenda pengungsi yang dilakukan Siswa SMK tersebut, Rabu (4/2/2015).

Menurut rencana, pada Rabu (18/2) mendatang bupati akan melakukan launching SSB di SMKN 1 Ngawen. “Dalam launching ke depan, akan dilakukan gladi bencana tanah longsor yang diikuti sekitar 900 siswa sekolah itu termasuk para gurunya,” tambahnya.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9134 seconds (0.1#10.140)