Bangunan SDN Bugangin Kendal Memprihatinkan

Kamis, 08 Januari 2015 - 00:03 WIB
Bangunan SDN Bugangin Kendal Memprihatinkan
Bangunan SDN Bugangin Kendal Memprihatinkan
A A A
KENDAL - Bangunan SDN Bugangin Kecamatan Kendal yang terletak sekitar satu kilometer dari pusat kota Kabupaten Kendal sangat memprihatinkan. Sejumlah konstruksi bangunan sekolah rapuh.

Berdasarkan pantauan KORAN SINDO kemarin, dari enam ruang kelas yang dimiliki SDN Bugangin, satu di antaranya mengalami rusak pada bagian atap. Sedangkan dua lainnya rapuh dan mengkhawatirkan. Selain itu, kerusakan juga mengancam ruang guru, ruang serba guna, dan perpustakaan.

Kondisi tersebut membuat proses belajar mengajar menjadi terganggu. Siswa kelas V terpaksa harus berbagi ruang kelas dengan siswa kelas II. Sedangkan siswa kelas IV dan VI mengikuti pelajaran dengan rasa khawatir jika terjadi kerusakan pada bagian atap.

Afiatu Sholekhah, siswi Kelas V SDN Bugangin mengatakan, kerusakan ruang kelas membuatnya tidak nyaman dalam belajar. Satu ruangan tidak ideal digunakan oleh dua kelas.

"Tidak nyaman, karena tidak seperti biasanya. Tempatnya juga apa adanya," katanya, Rabu (7/1/2015).

Selain itu, peristiwa robohnya sebagian atap kelasnya membuat dia trauma. Dia khawatir hal tersebut terulang kembali saat belajar mengajar sedang berlangsung.

"Takut kalau kerobohan atap. Katanya, banyak atap yang rapuh," lanjutnya.

Miel Agus Triningsih, salah seorang guru SDN Bugangin menyampaikan, sudah lama SDN Bugangin tidak menerima anggaran dari pemerintah setempat untuk renovasi bangunan. Padahal, pihaknya sudah berulang kali mengajukan permohonan.

"Selalu tidak dapat jatah anggaran, padahal kami sudah mengajukan tiap tahun. Berbeda dengan sekolah lain yang sering dapat bantuan," ujarnya.

Kondisi bangunan SDN Bugangin, papar dia, tidak sesuai dengan wujud luarnya. Sebab, konstruksi bangunan terutama bagian atap sudah rapuh. Bahkan, atap bangunan ruang kelas terlihat melengkung ke bawah.

"Kami menduga karena ada blandar yang rapuh atau bahkan sudah patah. Bukan hanya memprihatinkan, tapi juga membuat khawatir jika suatu waktu roboh."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5096 seconds (0.1#10.140)