Antisipasi Banjir, Pemkot Jakut Benahi Saluran Air hingga Beautifikasi Wilayah

Senin, 31 Oktober 2022 - 02:00 WIB
loading...
Antisipasi Banjir, Pemkot Jakut Benahi Saluran Air hingga Beautifikasi Wilayah
Pemkot Jakut membenahi saluran air dan beautifikasi wilayah di RW 07 Kelurahan Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Foto/SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kota Jakarta Utara tengah berfokus melakukan penataan. Salah satu wilayah di RW 07 Kelurahan Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Penataan itu berupa pembenahan saluran air dan beautifikasi.

Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengungkapkan, setiap kelurahan memang perlu dilakukan penataan lingkungan. Untuk itu penataan harus dilakukan secara bersama-sama antara masyarakat dan Suku Dinas terkait.

”Kerja bakti yang rutin diadakan setiap Minggu pagi dimanfaatkan untuk mencari lokasi-lokasi yang kerap dikeluhkan masyarakat, misalnya permasalahan saluran, taman, jalan, lingkungan, penopingan pohon,” kata Ali, Minggu (30/10/2022).

Menurut Ali, kawasan RW 07 Sunter Jaya termasuk lokasi unggulan di Tanjung Priok karena letaknya strategis, untuk itu akan langsung ditangani dan dilakukan pembenahan secara bersama-sama hingga tuntas.



Namun, ada beberapa permasalahan yang perlu ditangani bersama salah satunya adalah adanya saluran air yang tidak berfungsi sehingga kerap menimbulkan genangan saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

Permasalahan ini salah satunya terjadi di Jalan Sunter Jaya V, terutama terkait adanya saluran air yang tidak berfungsi karena kering dan tertutup lumpur.

”Sehingga perlu dinormalisasi dengan melakukan pengerukan lumpur kemudian perapihan pemasangan batu kali supaya air mengalir. Jadi pada saat musim penghujan tidak bisa mengandalkan kedua sisi kiri dan kanannya,” terangnya.

Dalam prosesnya, Ali mengatakan bahwa di lokasi tersebut juga akan dilakukan proses beautifikasi lingkungan untuk pembuatan trotoar, taman, penataan parkir, dan pengaturan arus lalu lintas.

”Tadi juga ada beberapa lapak pedagang nanti kita carikan lokasi sementara untuk dipindahkan kesana agar mereka bisa tetap berdagang,” pungkasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2000 seconds (0.1#10.140)