Angka Kecelakaan Tinggi, Warga Pandak Gelar Ruwatan Jalan

Kamis, 30 Oktober 2014 - 16:04 WIB
Angka Kecelakaan Tinggi, Warga Pandak Gelar Ruwatan Jalan
Angka Kecelakaan Tinggi, Warga Pandak Gelar Ruwatan Jalan
A A A
BANTUL - Prihatin dengan tingginya angka kecelakaan di Jalan Srandakan, ribuan warga Desa Triharjo, Kecamatan Pandak, Bantul, menggelar ruwatan jalan tersebut.

Lurah Desa Triharjo Wardi menjelaskan, setidaknya ada 5 ribuan warga yang terbagi dalam 17 titik turut serta dalam acara semalam. Acara yang dikemas dengan doa bersama tersebut berlangsung selama 30 menit, juga banyak diikuti oleh para pengguna jalan yang kebetulan melintas kawasan tersebut.

"Ini bentuk keputusasaan kami karena di sini sering terjadi kecelakaan. Berbagai upaya telah kami lakukan bersama aparat kepolisian, tetapi angka kecelakaannya masih tetap sama," katanya.

Menurut Wardi, Jalan Srandakan kini berubah menjadi mesin pembunuh nomor satu di kawasan tersebut karena sudah terlalu sering terjadi kecelakaan hingga menelan korban jiwa. Kondisi jalan yang mulus, lurus, serta sempit membuat para pengendara terlena. Mereka sering memacu kendaraannya dalam kecepatan tinggi tanpa memikirkan risiko.

"Dengan adanya ruwatan tersebut, warga meminta kepada Allah SWT supaya angka kecelakaan bisa berkurang," tambahnya.

Kapolsek Pandak AKP Paimun mengakui, di Jalan Srandakan sering terjadi kecelakaan lalu lintas bahkan menelan banyak korban jiwa. Hal tersebut tidak lepas dari kondisi jalan yang sempit, mulus namun volume kendaraan yang melintas cukup banyak tidak sesuai dengan kapasitas jalan yang ada.

"Jalannya di sini didominasi lurus dan sedikit tikungan tetapi kecil, sedangkan kendaraan yang melintas sangat banyak," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5919 seconds (0.1#10.140)