Menebak Arah IHSG Jelang Rilis Suku Bunga Bank Indonesia

Kamis, 20 Oktober 2022 - 06:39 WIB
loading...
Menebak Arah IHSG Jelang Rilis Suku Bunga Bank Indonesia
IHSG bergerak fluktuatif dalam tiga hari terakhir jelang pengumuman suku bunga BI hari ini. Ilustrasi foto/Dok Antara
A A A
JAKARTA - Dalam tiga hari terakhir jelang pengumuman suku bunga Bank Indonesia (BI) pada siang hari ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak cukup fluktuatif.

Meskipun indeks mampu mempertahankan kenaikan dalam tiga sesi penutupan secara beruntun, upaya mendarat di area hijau ini sebelumnya diwarnai koreksi bertubi-tubi yang terjadi sepanjang pekan lalu.

Salah satu katalis positif yang ikut mengerek indeks sejak Senin (17/10) adalah surplus neraca perdagangan periode September 2022 sebesar USD4,99 miliar.

Namun, bukan hal yang baru jika pengumuman suku bunga BI ditambah proyeksi kenaikan 50-75 bps bakal membatasi optimisme itu.

"Untuk saat ini kita masih menunggu terkait dengan kabar keputusan suku bunga. Saya pikir ini akan kembali menekan setelah naik karena pengumuman neraca perdagangan kemarin," ujar pengamat pasar modal Oktavianus Audi di Jakarta, dikutip Kamis (20/10/2022).



IHSG secara teknikal mengalami rebound setelah menyentuh level terendah pekan ini di 6.747,38 dan sempat melejit hingga 6.891,98.

Audi menilai, pasar akan lebih percaya diri apabila IHSG mampu breakout di level 6.900 sebagai konfirmasi kenaikan di masa depan. "Karena memeng level 6.900 ini menjadi resistance, dan bisa jadi confirm IHSG bisa naik lagi," tuturnya.

Peningkatan suku bunga menjadi fokus utama pasar. Pasalnya, kabar tersebut dikhawatirkan akan memupus harapan IHSG masuk di area psikologis 7.000.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1422 seconds (0.1#10.140)