Kebakaran Lahan Tebu Kacaukan Pesta Pernikahan

Jum'at, 10 Oktober 2014 - 19:58 WIB
Kebakaran Lahan Tebu Kacaukan Pesta Pernikahan
Kebakaran Lahan Tebu Kacaukan Pesta Pernikahan
A A A
BANTUL - Kebakaran lahan tebu terjadi di Dusun Ngrukem, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Jumat (10/10/2014) sore. Kebakaran itu sempat mengacaukan pesta pernikahan yang digelar tak jauh dari lokasi kebakaran.

Seorang kerabat yang menggelar pesta pernikahan, Harmoko, mengatakan, warga tidak mengetahui asalnya api. Hanya saja tiba-tiba ada kobaran api yang bergerak sangat cepat. Embusan angin yang sangat kencang membuat api sulit dikendailkan.

"Api sangat cepat menjalarnya karena tiupan anginnya sangat kencang. Kami berusaha mematikan, tetapi karena angin, warga kewalahan," tutur Harmoko.

Api sempat mendekat ke tenda pernikahan bahkan sudah membumbung tinggi di atas tenda. Beruntung, api tersebut tidak sempat membakar atap tenda yang dipasang untuk pesta pernikahan tersebut.

Selain membuat kacau pesta pernikahan, kebakaran lahan tebu tersebut juga nyaris menghanguskan dua truk pengangkut tebu. Namun dengan sigap para sopir truk berhasil memacu kendaraannya segera keluar dari area persawahan.

Pengawas lapangan kebun tebu tersebut, Rapidi (47) mengatakan, saat itu para pekerja sedang menebang pohon tebu di sisi utara ladang. Tanpa diketahui sebabnya, dari arah selatan muncul kepulan asap dan dengan cepat menjalar ke sisi utara akibat embusan angin yang cukup kencang.

"Dalam tempo singkat api langsung menjalar ke segala penjuru sesuai arah angin. Dua truk nyaris terbakar, tetapi sopir langsung berusaha menaikkan dari lahan tebu," jelasnya.

Beruntung tak begitu lama mobil pemadam kebakaran datang ke lokasi. Kobaran api berhasil dijinakkan setelah regu pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul dan Yogya datang ke lokasi kejadian. Sampai saat ini pemicu kebakaran belum diketahui secara pasti.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4650 seconds (0.1#10.140)