Spesialis Pembobol Mobil di Parkiran Mal Diringkus

Minggu, 24 Agustus 2014 - 15:26 WIB
Spesialis Pembobol Mobil di Parkiran Mal Diringkus
Spesialis Pembobol Mobil di Parkiran Mal Diringkus
A A A
SLEMAN - Pelaku pembobol mobil lintas kota yang mencari sasarannya di parkiran mal berhasil diringkus polisi bersama security Mall Ambarukmo Plaza. Dalam menjalankan aksinya pelaku menyewa mobil rental untuk mencari mal yang menjadi sasaran kemudian memarkirkan mobilnya di area parkir.

Kapolres Sleman AKBP Ihsan Amin melalui Kapolsek Depok Barat AKP Luthfi mengatakan, dalam aksi pembobolan itu, ada dua orang yang terlibat, hanya saja seorang pelaku berhasil kabur dan tengah dilakukan pengejaran. Pelaku yang berhasil ditangkap yakni Ferdi (34) warga Bekasi, Jawa Barat.

"Dia itu pelaku spesialis bobol mobil di mal, beraksinya tidak hanya lintas kota, tapi juga lintas provinsi," katanya, Minggu (24/8/2014).

Dari pengakuan pelaku, aksi pembobolan yang dilakukan di Yogyakarta baru kali pertama dilakukan. Namun, belum sampai menikmati hasil pencuriannya, pelaku sudah terlebih dahulu tertangkap.

Tapi, sebelumnya pelaku dari hasil pemeriksaan pernah melakukan aksinya di Jakarta dan Bekasi dan Bandung, Jawa Barat.

"Modusnya itu, dia parkir seperti pengunjung biasa, kalau suasana sepi ngendap-ngendap cari mobil yang ada barang berharganya terus pakai kunci T untuk buka pintu mobil," ungkapnya.

Secara detail penangkapan pelaku Ferdi bermula saat pelaku melakukan pembobolan mobil Honda Stream milik Gama (33) warga Ciputat, Tangerang.

Korban yang berprofesi sebagai dokter itu memarkirkan mobil di parkiran basement Mall Ambarukmo Plaza. Setelah pelaku membuka pintu belakang dengan menggunakan kunci T, alarm mobil berbunyi. "Pelaku langsung ambil tas dalam mobil korban dan kembali ke mobilnya," timpalnya.

Saat itu, secara kebetulan ada securiti mal yang tahu dan langsung memberitahukan kepada petugas reskrim yang secara kebetulan berada di lokasi. Mereka pun lantas mendekati mobil Honda Jazz pelaku dan meminta pelaku keluar mobil.

Kanit Reskrim Polsek Depok Barat AKP Syahirul Awab memaparkan, saat didatangi pelaku semula tak mau keluar dari mobil dan memilih mengunci pintu.

Setelah dilakukan beberapa upaya supaya pelaku keluar, akhirnya pelaku pun menurut. "Satu pelaku yang bertugas sebagai eksekutor ini yang kita amankan, karena pelaku satunya yang menjadi sopir dan bertahan di mobil mengetahui kedatangan petugas dan kabur, saat ini keberadaannya kita cari," paparnya.

Dari penangkapan pelaku Ferdi, berhasil diamankan tas milik korban berisi laptop, iPad mini, harddist eksternal dua buah dan buku-buku kedokteran.

Kemudian, kunci T yang digunakan untuk membobol pintu dan mobil Honda Jazz B 1130 FOK yang digunakan pelaku yang juga diamankan sebagai barang bukti."Mobil itu pengakuannya mobil sendiri tapi informasinya itu mobil rental di Jakarta," tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6807 seconds (0.1#10.140)