Tak Ada Tiang, Upacara Bendera Pakai Balon

Senin, 18 Agustus 2014 - 11:04 WIB
Tak Ada Tiang, Upacara Bendera Pakai Balon
Tak Ada Tiang, Upacara Bendera Pakai Balon
A A A
BONTANG - Ada cerita menarik saat peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Taman Nasional Kutai, Bontang, Kalimantan Timur (Kaltim). Lantaran di lokasi upacara tak ada tiang bendera, maka digunakan balon udara sebagai pengganti tiang untuk mengibarkan bendera.

Kepala Seksi Pengamanan Taman Nasional wilayah 1 Sangatta Hernowo Supriyanto menceritakan, karena kawasan perkemahan ini masih dalam proses pembangunan, fasilitas yang ada pun masih terbatas. Arena perkemahan masuk dalam kawasan Taman Nasional Kutai. Rencananya, lokasi perkemahan ini akan dijadikan kawasan perkemahan berwawasan konservasi.

“Jadi meski tak ada tiang bendera, upacara di lokasi perkemahan ini tetap berjalan dengan khidmat. Petugas pengibar bendera adalah pramuka yang masih SD. Kita berharap kawasan konservasi bisa merdeka dari segala bentuk penjarahan,” kata Hernowo, kepada wartawan, Senin (18/8/2014).

Peserta upacara adalah petugas dari Balai Taman Nasional Kutai, kader konservasi, pecinta alam, Pramuka, dan para pelajar di Kota Bontang. Kawasan perkemahan ini, nantinya berada di tengah-tengah Mangrove Park.

“Karena baru tahap pembangunan, camping ground tersebut belum punya fasilitas upacara, jadi seadanya. Sekalian memperingati Hari Konservasi Indonesia 10 Agustus, dan Hari Pramuka 14 Agustus,” tambah Hernowo.

Dia pun menceritakan sulitnya mengibarkan bendera dengan menggunakan balon. Karena angin kencang, petugas pengibar bendera kesulitan mengarahkan bendera agar mudah naik ke udara. Bendera bersama balon bergerak tak menentu ke segala arah.

“Yang penting menanamkan jiwa nasionalisme dan cinta lingkungan sejak dini. Mereka terlihat semangat,” terangnya.

Taman Nasional Kutai adalah kawasan konservasi di Kaltim. Di sini terdapat hutan hujan tropis dataran rendah yang kaya akan flora dan fauna. Taman Nasional Kutai berdiri di tiga pemerintahan daerah, Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Kutai Kartanegara, dan Kota Bontang.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5923 seconds (0.1#10.140)