Gema Jawa Barat tolak peringatan Sumpah Pemuda

Senin, 28 Oktober 2013 - 11:40 WIB
Gema Jawa Barat tolak peringatan Sumpah Pemuda
Gema Jawa Barat tolak peringatan Sumpah Pemuda
A A A
Sindonews.com - Puluhan orang yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa (Gema) Pembebasan Jawa Barat menggelar aksi di depan Gedung Sate, Kota Bandung.

Dalam aksinya, mereka menyuarakan penolakannya terhadap peringatan Hari Sumpah Pemuda yang selalu diperingati setiap tahun. Peringatan Sumpah Pemuda, bagi mahasiswa ini, dinilai hanya seremonial yang tidak bermakna.

"Selama 85 tahun Sumpah Pemuda diperingati, tapi keadaan negeri ini tidak membaik, malah memburuk," kata Sekjen Gema Pembebasan Jawa Barat Rezaldi Harisman, kepada wartawan, Senin (28/10/2013).

Sumpah Pemuda juga dinilai sebagai wacana persatuan dalam bingkai kebangsaan yang berbasis pluralisme. Persatuan itu dipandang dibangun dengan ikatan rapuh yang tidak memiliki kejelasan visi.

Rezaldi mengatakan, Sumpah Pemuda dulu disuarakan sebagai semangat untuk melawan penjajahan. "Bangsa kita sekarang sudah tidak terjajah. Jadi Sumpah Pemuda sudah tidak relevan lagi," tegasnya.

Justru saat ini, bangsa Indonesia dijajah ideologi asing, terutama Barat. Hal itu yang kemudian harus diperangi. Dan kunci untuk melawan penjajahan ideologi itu adalah dengan menegakkan khilafah Islam.

Aksi itu berlangsung damai dan tidak mengganggu arus lalu lintas. Massa beraksi menghadap ke jalan sambil memperlihatkan poster. Salah satunya bertuliskan 'Gugat Sumpah Pemuda, Sumpah Usang dan Lapuk, Bangkitlah dengan ideologi Islam!'.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7106 seconds (0.1#10.140)