Nasib guru honorer diserahkan ke pihak sekolah

Rabu, 23 Oktober 2013 - 03:31 WIB
Nasib guru honorer diserahkan ke pihak sekolah
Nasib guru honorer diserahkan ke pihak sekolah
A A A
Sindonews.com - Nasib honorer Kategori 2 (K2) di Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), diserahkan ke masing-masing sekolah.

Data dari Diknas Kota Parepare, honorer K2 saat ini sebanyak 362 orang. Dari jumlah tersebut, sekitar 70 persen adalah tenaga pengajar. Sisanya, bagian administrasi.

Jika honorer K2 ini tidak lulus seleksi CPNS tahun ini, maka Diknas menyerahkan tanggung jawab tersebut ke masing-masing sekolah. Karena sesuai aturan, tidak ada lagi tes honorer K2 ditahun berikutnya. "Tertutup peluang jadi PNS," kata Sekretaris Diknas Parepare Umar, kepada wartawan, Selasa (22/10/2013).

Selanjutnya, nasib honorer tersebut, tergantung pihak sekolah. Apakah tetap dijadikan tenaga pengajar atau tidak. "Karena gajinya memang ditanggung masing-masing sekolah," jelasnya.

Kepala Sub Bagian Formasi dan Pengadaan Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Parepare Rafiuddin menambahkan, pihaknya juga tidak bertanggung jawab soal nasib honorer K2 tersebut.

Walau begitu, Rafiuddin tetap memberikan solusi kepada honorer K2 yang kemungkinan tidak lolos tes tahun ini, yakni ikut di seleksi tahun berikutnya namun dari jalur umum. Opsi tersebut sangat mungkin bisa dilakukan. Karena saat ini saja, ada beberapa honorer K2, yang terdaftar ganda.

Dicontohkan, ada K2 yang mengambil nomor tes dijalur umum juga jalur honorer. "Karena tidak mungkin tes diwaktu bersamaan, mereka diberi kesempatan memilih salah satunya. Ikut umum atau tes K2," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0017 seconds (0.1#10.140)