Jawa Tengah & DIY

UGM raih juara 3 di Pimnas 2013

Jum'at,  20 September 2013  −  18:01 WIB
UGM raih juara 3 di Pimnas 2013
IST

Sindonews.com - UGM berhasil meningkatkan prestasinya dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa tingkat Nasional (Pimnas) ke-26 dengan menduduki peringkat tiga nasional.

Peningkatan prestasi ini diperoleh usai UGM berupaya menggenjot teknik presentasi dan pelaporan karya ilmiah mahasiswanya.

"Belajar dari tahun lalu, sebenarnya ide-ide karya ilmiah mahasiswa kami sudah bagus. Hanya saja memang dilihat dari cara mereka mempresentasikan hasil karya dan cara membuat laporan terbukti harus diperbaiki. Untuk itu, dalam persiapan tahun ini kami fokus pada persiapan kedua hal tersebut," ujar Kepala Bagian Humas UGM Wijayanti, Jumat (20/9/2013).

Ditemui di kantornya, Wiwit sapaan akrabnya menuturkan, pada Pimnas yang telah diselenggarakan 9-12 September 2013 di Universitas Mataran, Lombok, NTB, UGM berhasil meraih 6 medali emas, 6 perak dan 7 medali perunggu.

Selain pendampingan materi, 146 mahasiswa UGM yang ikut serta pada Pimnas 2013 juga mengikuti pelatihan teknik presentasi dan kegiatan outbond sebagai upaya melatih kekompakan antar tim.

"Para peserta bahkan mengikuti karantina selama dua hari sebelum berangkat. Tahun ini terdapat 36 judul Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) UGM yang lolos Pimnas. Kami tentu sangat senang bisa meningkatkan prestasi dari tahun sebelumnya yang hanya menempati peringkat sembilan," imbuhnya.

Wiwit mengungkapkan, pada Pimnas tahun depan, UGM berharap mampu kembali meraih juara umum seperti yang pernah diraih pada Pimnas 2011 lalu.

Terpisah, Wakil Rektor III UNY Prof Dr Sumaryanto MKes mengatakan rasa syukurnya atas keberhasilan UNY menduduki peringkat delapan pada Pimnas 2013. Dari 17 tim yang dikirim, UNY menyabet penghargaan 2 medali emas dan 2 juara favorit.

"Dua medali emas ini diraih oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Fakultas Teknik. Semoga prestasi mahasiswa kami tahun depan bisa lebih baik lagi," imbuhnya.

10 besar peringkat Pimnas 2013 berturut-turut ialah ITB, Universitas Airlangga, UGM, Universitas Brawijaya, IPB, Universitas Diponegoro, USD, UNY, Universitas Sriwijaya dan Unnes.


(lns)

views: 2.094x
Bagikan artikel ini :
shadow