Jawa Timur

Hujan baru turun di Malang akhir November

Selasa,  17 September 2013  −  15:24 WIB
Hujan baru turun di Malang akhir November
Ilustrasi (DOk SINDOphoto)

Sindonews.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Karangploso memprediksi musim hujan akan turun di wilayah Malang Raya pada akhir November nanti. Musim kemarau kali ini, dikatakan terlambat lantaran anomali cuaca sejak Agusuts 2013 lalu.

Sementara untuk wilayah Jawa Timur bagian barat seperti Ngawi, Magetan, dan Tuban, musim kemarau diprediksi hingga bulan Oktober dan Jawa Timur bagian barat seperti Banyuwangi dan Situbondo, musim kemarau diprediksi hingga bulan November.

"Saat ini cuaca sudah kembali normal, suhu permukaan air laut juga normal," kata Kepala Seksi Observasi, Analisa, dan Informasi BMKG Staklim Karangploso, Rahmatullah Aji, Selasa (17/09/2013).

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Malang mengantisipasi kekeringan di wilayahnya dengan memaksimalkan sumur bor yang telah dibangun di titik-titik yang selama ini mengalami kekeringan, baik di wilayah selatan maupun utara Malang.

Untuk wilayah selatan, sudah ada sekira 10 sumur bor yang telah dibangun seperti di Gedangan, Kaliparen, Donomulyo, dan Pagak.

"Untuk di wilayah utara seperti Dusun Blandit akan dibangun tahun depan," kata Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Malang Romdhoni.

Menurutnya, wilayah Blandit Timur memang menjadi wilayah kekeringan dengan penduduk terbesar, termasuk desa-desa di sekitarnya. Sambil menunggu pembangunan sumur bor, katanya, untuk sementara pemerintah akan memasok air bersih dengan menggunakan mobil tangki air ke sejumlah desa yang membutuhkan.


(rsa)

views: 1.175x
shadow