Situasi belum kondusif, pencairan BLSM di SBD ditunda

Kamis, 05 September 2013 - 13:06 WIB
Situasi belum kondusif, pencairan BLSM di SBD ditunda
Situasi belum kondusif, pencairan BLSM di SBD ditunda
A A A
Sindonews.com - Penyaluran dana Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) di sejumlah daerah di Indonesia sudah mulai didistribusikan.

Namun pencairan dana stimulan untuk masyarakat miskin itu belum dilakukan di Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Dana BLSM belum juga dibagikan kepada warga miskin, karena pihak PT POS Indonesia setempat masih cemas terkait kondisi yang dinilai belum kondusif.

Seperti terpantau, Kamis (05/09) siang tadi, suasana Kantor PT Pos Tambolaka, di Kabupaten Sumba Barat Daya, masih lengang dan tidak ada antrean warga miskin untuk menunggu pembagian BLSM.

Adapun pasca pertikaian antar warga yang dipicu oleh saling taruhan dalam Pilkada Bupati dan Wakil Bupati setempat telah menimbulkan korban jiwa sebanyak tiga orang meninggal serta 64 rumah terbakar.

Manager PT Pos Indonesia Cabang Tambolaka, Hasanudin, mengatakan, faktor keamanan menjadi bahan pertimbangannya mengapa hingga kini dana BLSM belum juga disalurkan.

"Jika berkaca pada penyaluran tahap pertama, ada sebanyak 19.922 yang tersebar pada empat kecamatan yang berhak mendapatkan BLSM. Kempat kecamatan itu, yakni Loura, Kodi, Kodi Utara dan Kodi Bangedo,”paparnya.

Lebih lanjut Hasanudin juga menjelaskan pembagian BLSM nantinya harus dikawal ketat oleh aparat. ”Jujur saja saya cemas, ini dananya tidak sedikit, juga warga yang menerimanya ribuan orang. Kami juga harus ke kecamatan di luar kota bawa dana. Sekarang situasinya kami lihat belum sepenuhnya aman, jadi tentu kami akan berkoordinasi dengan aparat Polisi di sini,” pungkasnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5454 seconds (0.1#10.140)