Ribuan Guru SMP di Blitar turun level jadi Guru SD

Rabu, 31 Juli 2013 - 01:27 WIB
Ribuan Guru SMP di Blitar turun level jadi Guru SD
Ribuan Guru SMP di Blitar turun level jadi Guru SD
A A A
Sindonews.com - Ribuan guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Blitar diwacanakan bakal turun jenjang menjadi tenaga pengajar Sekolah Dasar (SD). Kebijakan tersebut untuk menutup kekurangan tenaga guru SD yang mencapai 1.066 orang.

"Ini merupakan bentuk solusi pemerataan kekurangan tenaga pengajar di sekolah dasar," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar Romelan kepada wartawan, Selasa (30/7/2013).

Kekurangan tenaga pendidik ini berlangsung sekira dua tahun terakhir. Selain banyak PNS yang pensiun, jumlah siswa dan lembaga di tingkat dasar (SD) semakin bertambah. Dari data yang terhimpun, total guru SD di Kabupaten Blitar saat ini mencapai 4.067 orang.

Di sisi lain, terang Romelan, jumlah guru SMP mengalami kelebihan. Banyak guru SMP yang memiliki hak pendidikan yang sama.

Sementara di Kabupaten Blitar masih berlaku moratorium rekrutmen CPNS. Pemkab Blitar belum bisa membuka lowongan untuk PNS baru.

"Dengan pengalihan jenjang, guru SMP yang sebelumnya mengajar sesuai mata pelajaran, ke depan akan menjadi guru kelas," paparnya.

Namun, meski wacana pengalihan jenjang tenaga pengajar sudah terkonsep matang, menurut Romelan, pihaknya masih menunggu kepastian aturan.

"Kita masih konsultasi apakah kebijakan seperti ini diperbolehkan atau tidak," pungkasnya.

Menanggapi hal ini Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Abdul Munib menyatakan dukungannya. Politikus dari PKB ini sepakat bila pemerataan dan penataan tenaga pengajar (guru) dilakukan di Kabupaten Blitar.

"Sebab ini bisa menjawab kekurangan tenaga pendidikan yang saat ini terjadi di Kabupaten Blitar," ujarnya singkat.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6149 seconds (0.1#10.140)