Pilkada

Quick count Pilkada Madiun, inkumben unggul

Rabu,  19 Juni 2013  −  21:59 WIB
Quick count Pilkada Madiun, inkumben unggul
Ilustrasi (Dok Istimewa)

Sindonews.com - Hasil hitung cepat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Madiun menempatkan pasangan inkumben Muhtarom-Iswanto (MuIs) unggul.

Quick count yang diselenggarakan oleh lembaga Survey Proximity ini, MuIs meraup suara 56,36 persen. Pasangan yang diusung oleh PKB dan Partai Demokrat ini mengalahkan pasangan Sukiman-Suprapto (SuPra) yang diusung oleh PDIP dan Golkar dengan perolehan 40,27 persen.

Sementara pasangan Widi Priyanro-Suntoro (WiRo) dari jalur independen mengumpulkan suara 1,78 persen. Kemudian, pasangan Sumardi-Dimyati Dahlan (Sehati) yang diusung PKNU, Partai Patriot, dan Partai Demokrasi Kebangsaan meraup suara 1,59 persen.

Presiden Direktur Proximity Whima Edy N menjelaskan, survei tersebut menyasar TPS di Kabupaten Madiun 150 TPS. Sementara jumlah TPS di Kabupaten Madiun mencapai 1.261 TPS dengan total sample 71.550 orang dan margin error 1 persen.

"Total DPT yang memiliki hak pilih mencapai 598.448 pemilih. Sementara untuk tingkat partisipasi masyarakat mencapai 68,71 persen. Artinya, sebanyak 31,29 persen masyarakat Kabupaten Madiun tidak menggunakan hak pilihnya atau golput," jelas Whima saat Quick Count di salah satu rumah makan di Surabaya, Rabu (19/6/2013).

Masih kata Whima, kemenangan pasangan Inkumben ini karena selama memimpin di periode pertama ini dinilai berhasil oleh masyarakat Kabupaten Madiun. Sehingga, pasangan ini mulus untuk menjabat yang kedua kalinya.

"Selama menjabat bupati dan wakil bupati, popularitas keduanya sangat tinggi. Tingkat elektabilitas juga lebih baik dibandingkan yang lain," tukasnya.

Meski demikian, hasil hitung cepat ini tetap menunggu keputusan hitung manual yang akan dilakukan oleh KPU Kabupaten Madiun.


(rsa)

views: 3.057x
shadow