Jawa Barat

Kisah pesawat Cessna yang jatuh di Ciamis

Jum'at,  3 Mei 2013  −  21:38 WIB
Kisah pesawat Cessna yang jatuh di Ciamis
Pesawat Cesna yang jatuh di Desa Kondang Jajar, Ciamis (Foto: Ujang Marmuksinudin)

Sindonews.com - Sebuah pesawat latihan jenis Cessna/C172 S-SP G1000 milik Bandung Pilot Academy (BPA) jatuh tidak jauh dari landasan pacu bandara Nusa Wiru, tepatnya di Desa Kondang Jajar, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis, Jumat (3/5/2013).

Pesawat tersebut ditemukan jatuh sekira 150 meter dari landasan pacu di lahan terbuka di sekitar pesawahan penduduk, pada pukul 08.30 WIB. Posisi pesawat ditemukan dalam kondisi terbalik, bagian depan dan atap hancur sementara bagian sayap dalam kondisi patah.

Akibat peristiwa itu, seorang pilot Rudy Herwin Cahyadi (21), asal Kota Bandung yang juga salah satu siswa atau cadet BPA diketahui mengalami luka robek di bagian jari, tangan kanan dan luka benturan di kepala.

Rudy sempat menjalani perawatan di Puskesmas Kalipucang kemudian di bawa ke rumah saudaranya ke Yogyakarta mengunakan kendaraan ambulance.

Koordinator Pengawas Lapangan Udara Bandara Nusa Wiru Hendra Gunawan menjelaskan, beberapa saat sebelum pesawat jatuh, pihaknya menerima informasi pesawat C172 terbang dengan ketinggian 1.000 meter di sekitar Bandara Nusa Wiru, tepatnya sekira pukul 08.06 WIB.

Setelah terbang sekira pukul 08.12 WIB, pesawat mendarat di Bandara Nusawiru tepatnya di Jalur 07.

“Ketika akan take off kembali, pesawat itu tiba-tiba oleng kehilangan tenaga sehingga pesawat jatuh dalam kondisi terbalik,” jelas Hendra.

Hendra menyebutkan, penerbangan pesawat itu dilakukan solo (tunggal) oleh pilot yang merupakan salah satu cadet BPA. Saat dievakuasi, kondisi cadet mengalami luka di bangian jari, tangan dan kepala.


Selanjutnya...

views: 5.183x
Halaman 1 dari 3
Bagikan artikel ini :
shadow