Besok pendakian Gunung Semeru kembali dibuka

Kamis, 25 April 2013 - 14:03 WIB
Besok pendakian Gunung Semeru kembali dibuka
Besok pendakian Gunung Semeru kembali dibuka
A A A
Sindonews.com - Mulai besok, jalur pendakian Gunung Semeru kembali dibuka untuk umum. Namun, pendakian hanya diperbolehkan sampai Kalimati saja tidak boleh ke puncak. Selain itu, ada sistem baru yang harus dipatuhi oleh para pendaki yang bakal berlaku per 1 Mei 2013 nanti.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Ayu Dewi Utari, mengatakan, keputusan membuka jalur pendakian Semeru, dilakukan karena hasil survei menunjukkan jalur pendakian sudah aman, tapi sampai Kalimati.

"Untuk sampai puncak masih ditutup karena masih bisa terjadi badai," katanya, Kamis (25/03/2013).

Selain itu, petugas Taman Nasional juga telah membersihkan jalur pendakian dari longsoran tanah maupun pohon tumbang yang menghalangi jalur agar bisa dilewati para pendaki.

Selain itu, kata Ayu, untuk mendaki juga bakal diterapkan sistem baru. Di antaranya adalah bagi para pendaki yang kuotanya sampai 50 orang harus memberitahukan dan melengkapi syarat administratif jauh hari sebelumnya.

Dibawah 50 orang bisa diurus di Ranupane dengan syarat seperti sebelumnya, yakni foto kopi identitas KTP/SIM, serta surat keterangan sehat.

Soal sampah, para pendaki juga akan dikenakan denda Rp 100 ribu jika meninggalkan sampah di atas. Bahkan, petugas Taman Nasional juga akan dibantu sejumlah relawan untuk mengawasi dan mengecek logistik pendaki yang berpotensi menimbulkan sampah.

"Setiap pendaki akan dicek barang bawaannya, tidak secara kolektif seperti dulu," ujarnya.

Sebelumnya, pendakian ke Gunung Semeru ditutup sejak 8 Januari 2013 hingga 25 Maret 2013 dan diperpanjang selama sebulan lagi karena cuaca buruk dan jalur pendakian yang tertutup longsoran maupun pohon tumbang.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0344 seconds (0.1#10.140)