Harga Tiket Bus di Terminal Pulogebang dan Kampung Rambutan Terpantau Belum Naik

Minggu, 10 April 2022 - 02:20 WIB
loading...
Harga Tiket Bus di Terminal Pulogebang dan Kampung Rambutan Terpantau Belum Naik
Memasuki hari ketujuh ibadah puasa di bulan Ramadhan 1443 Hijriah belum ditemukan kenaikan harga tiket bus AKAP di dua Terminal Terpadu Pulogebang dan terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Memasuki hari ketujuh ibadah puasa di bulan Ramadhan 1443 Hijriah belum ditemukan kenaikan harga tiket bus antar kota antar provinsi (AKAP) di dua Terminal Terpadu Pulogebang dan Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Kondisi ini diperkirakan belum menemui titik puncak arus mudik mendekati Hari Idul Fitri.

Kepala Terminal Pulogebang, Bernard Pasaribu mengungkapkan kenaikan harga tiket baru diizinkan kepada para perusahaan otobus (PO) saat pemerintah mulai mengumumkan waktu mudik Idul Fitri. Baca juga: Menko PMK Minta Tak Ada Antrean Tiket KA untuk Mudik Lebaran 2022

"Untuk saat ini belum ada kenaikan harga tiket. Nanti saat pengumuman mudik Lebaran sudah disampaikan oleh pemerintah, baru diperkenankan untuk menaikkan tiket," ujar Bernard kepada wartawan, Sabtu (9/4/2022).



Menurut Bernard, secara tradisi kenaikan harga tiket bus biasanya terjadi menjelang momen tahunan seperti mudik Lebaran. Akan tetapi, untuk kenaikan harga tiket bus AKAP, pemerintah hanya bisa menetapkan batas tertinggi pada bus kelas ekonomi saja.

"Sebenarnya yang diatur pemerintah hanya (tarif batas) bus kelas ekonomi. Kenaikan tarif batas bus ditentukan oleh Kementerian Perhubungan karena jarak antar kota antar provinsi," tutur Bernard.

Sementara Kepala Terminal Kampung Rambutan, Yulza Ramadhoni mengatakan kenaikan harga tiket belum ditentukan untuk terminalnya. Meskipun begitu, dirinya tidak menampik tarif tiket bus tetap akan menunjukkan kenaikan nantinya.

"Kalau kenaikan sih pasti ada, tapi kita belum tahu kenaikan batasannya nanti seperti apa. Sampai saat ini kita belum mengetahui," kata Yulza menyampaikan.

Kemudian, Yulza pun menilai adanya kenaikan penumpang juga memengaruhi harga tiket. Untuk itu saat ini, dia mengabarkan belum ada kenaikan pembelian tiket di wilayah terminal yang diampunya.

"Kenaikan penumpang itu biasanya untuk yang sangat sangat lonjakan terjadi itu di H-3 an H-4 untuk angkutan Lebaran biasanya," tambahnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8627 seconds (0.1#10.140)