Empatlawang rencana buka lahan transmigran

Senin, 04 Maret 2013 - 18:43 WIB
Empatlawang rencana buka lahan transmigran
Empatlawang rencana buka lahan transmigran
A A A
Sindonews.com - Pemkab Empatlawang melalui Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transimigrasi (Dinsosnakertrans) berencana untuk membuka lokasi transmigrasi. Lokasi tersebut akan dibuka di kawasan Lubuk Puding Kecamatan Ulu Musi dan di Kecamatan Saling.

Kepala Dinsosnakertrans Empatlawang Lukman Panggarbessy mengatakan dulunya dilokasi tersebut memang sudah ada lokasi transmigrasi. Hanya saja kemudian ditinggalkan dan menjadi lahan tidur.

Saat ini menurutnya pihaknya sedang menyusun Detail Enginering Develovment (DED) untuk diajukan ke Kementrian Tenaga Kerja dan Transimigrasi (Menakertrans) untuk mendapatkan persetujuan.

“DED-nya sudah kita ajukan melalui pihak propinsi dan tinggal menunggu persetujuan dari kementrian, kalau tidak tahun ini, nanti tahun depan akan kita ajukan kembali,” ujarnya, Senin (4/3/2013).

Untuk tahap awal ini pihaknya mengajukan untuk 100 Kepala Keluarga (KK) untuk satu lokasi. Dimana menurutnya, persentase calon transmigran yang diajukan adalah 50-50. Artinya, 50 persen warga lokal Empatlawang dan sisanya pendatang.

“Memang aturannya seperti itu, tidak bisa diperuntukkan untuk warga lokal semua atau pendatang semua,”ujarnya.

Sebelumnya, pihak Dinsosnakertrans Empatlawang mengatakan di Empatlawang tidak mungkin lagi dibuka lokasi transimigrasi karena ketidaktersediaan lahan, dirinya membantah hal tersebut.

Kemungkinan menurutnya, pihaknya dulu belum selesai melakukan inventarisasi lahan yang diserahkan oleh Pemkab Lahat setelah Empatlawang dimekarkan menjadi kabupaten sendiri.

“Mungkin dulu belum selesai inventarisasi lahan, nah saat ini setelah selesai diketahui ada lahan yang memangh dulunya untuk lokasi transimigrasi, namun tidak terlaksana dan saat itu Empatlawang belum berdiri,” ujarnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8419 seconds (0.1#10.140)