Jawa Timur

Dua pekan, 309 kasus kriminal terjadi di Sidoarjo

Rabu,  6 Februari 2013  −  01:16 WIB
Dua pekan, 309 kasus kriminal terjadi di Sidoarjo
Press release Polres Sidoarjo terhadap maraknya kasus kriminalitas di wilayahnya (Foto: Abdul Rouf)

Sindonews.com - Tingkat kriminalitas di wilayah Sidoarjo ternyata cukup tinggi. Pasalnya, dalam dua pekan saja Polres Sidoarjo ada sebanyak 309 tindak kriminalitas yang berhasil diungkap.

Belum lagi, kasus-kasus kriminalitas yang belum bisa diungkap menambah panjang detan kasus kriminalitas yang terjadi di Kota Delta ini.

"Selama dua pekan Operasi Sikat Semeru kita berhasil mengungkap 309 kasus dengan 316 tersangka," ujar Kapolres Sidoarjo AKBP Marjuki, Selasa 5 Februari 2013.

Dari tangan para tersangka, polisi berhasil mengamankan sebanyak 306 barang bukti (BB), diantaranya sepeda motor. Untuk sepeda motor kita amankan sebanyak 15 unit dan senjata tajam sebanyak 10 buah.

Selain itu, polisi juga mengamankan 15 unit hand phone serta barang bukti lainnya yang kini sudah diamankan di Mapolres Sidoarjo.

"Kita akan berupaya memerangi tindak kriminal di Sidoarjo," ujar Marjuki.

Mantan Kapolres Jombang itu menambahkan, kasus yang banyak ditangani sebanyak 256 premanisme. Sedangkan lainnya, pencurian dengan pemberatan (curat) yang berjumlah 22 kasus, yang dilakukan 24 tersangka. Sedangkan untuk pencurian sebanyak 14 kasus dengan 12 tersangka.

Untuk ungkap kasus, Polres Sidoarjo menyabet juara I keempat kalinya tingkat Polda Jatim. Hal ini menunjukkan jika selama ini di wilayah hukum Polres Sidoarjo tingkat kriminalitas cukup tinggi.

Akhir-akhir ini, kasus kriminalitas yang cukup marak di Sidoarjo adalah pencurian dengan pemberatan. Pelaku mengejar korban yang mengendarai sepeda motor dan memukulnya dari belakang. Setelah korban jatuh, sepeda motornya dibawa kabur.

Bukan hanya itu, pelaku tak segan-segan melukai korbannya dengan senjata tajam. Apalagi ketika korban berusaha mempertahankan kendaraannya, pelaku langsung menyabetkan senjata tajam untuk melumpuhkan korbannya.


(rsa)

views: 1.460x
shadow