E-KTP molor, Disdukcapil Sidoarjo janji tuntaskan Mei

Minggu, 27 Januari 2013 - 16:29 WIB
E-KTP molor, Disdukcapil Sidoarjo janji tuntaskan Mei
E-KTP molor, Disdukcapil Sidoarjo janji tuntaskan Mei
A A A
Sindonews.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sidoarjo, Jawa Timur, menargetkan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) tuntas dibagikan Mei tahun ini.

Pasalnya, sampai saat ini e-KTP yang selesai dan sudah dikirim oleh Pemerintah Pusat baru sebanyak 62 persen.

Kepala Disdukcapil Sidoarjo Medy Yulianto mengatakan, e-KTP yang selesai sebagian besar sudah dibagikan melalui Kecamatan. Pihaknya, kini masih menunggu kekurangan e-KTP yang belum dikirim oleh Pemerintah Pusat.

Meski demikian, Medy Yulianto meyakinkan jika semua e-KTP yang direkam sampai akhir 2011 lalu akan selesai Mei tahun ini. Sedangkan untuk perekaman susulan, masih menunggu giliran karena masih diproses. "Targetnya memang bulan Mei semuanya sudah selesai," ujarnya.

Ditanya masih banyak warga yang belum menerima e-KTP, Medy Yulianto mengakui, jika Pemerintah Pusat mengirimkan secara bertahap. Namun, untuk e-KTP yang sudah selesai langsung didistribusikan ke tiap kecamatan agar segera dibagikan.

Kabupaten Sidoarjo terbilang lebih dulu dibandingkan daerah lain di Jawa Timur yang melaksanakam perekaman e-KTP. Kenyataannya, sudah lebih dari setahun e-KTP belum semuanya dibagikan kepada warga.

Jumlah e-KTP yang tercetak lebih dari separo atau sekitar 62 persen dari wajib KTP yakni
1.163.200 orang. Padahal target pemerintah pusat yakni 1.250.000 jiwa yang harus dipenuhi di Sidoarjo.

Saat ini di tiap kecamatan juga masih melayani perekaman e-KTP bagi warga telat dan datanya akan dikirim ke pusat. Sedangkan jumlah penduduk di Sidoarjo sampai September 2012 sebesar 2.042.942 jiwa.

Rinciannya penduduk laki-laki sebanyak 1.028.913 dan perempuan 1.013.131 jiwa. Program e-KTP sendiri dilakukan di Sidoarjo sejak Oktober 2011 dan selesai April 2012. Bagi warga yang belum merekam e-KTP tetap akan dilayani.

Sedangkan e-KTP yang sudah dibagikan kebanyakan milik warga yang bermukim di pinggiran Sidoarjo. Seperti, Kecamatan Sukodono, Taman dan sekitarnya. Sedangkan untuk warga di Kecamatan Sidoarjo malah banyak yang belum menerima.

"Kecamatan lain sudah banyak yang dibagikan. Tapi kita belum menerima," ujar Prayogi, warga Bluru, Sidoarjo.

Warga berharap agar e-KTP segera diterima, sebab KTP mereka banyak yang mendekati masa aktif. Mereka harus memperpanjang KTP lagi, padahal jika e-KTP sudah diterima mereka tak usah memperpanjang KTP lamanya.

"KTP saya masa berlakunya akan habis. Ini masih menunggu e-KTP dibagikan. Kalau belum dibagikan, terpaksa harus mengurus lagi," ujar Suharto, warga Kemiri, Sidoarjo.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6482 seconds (0.1#10.140)