Warga Kulonprogo antusias bertransmigrasi

Senin, 31 Desember 2012 - 15:01 WIB
Warga Kulonprogo antusias bertransmigrasi
Warga Kulonprogo antusias bertransmigrasi
A A A
Sindonews.com - Antusiasme warga Kulonprogo mengikuti program transmigrasi cukui tinggi. Buktinya, daftar tunggu pemberangkatan transmigrasi pada 2012, mencapai 257 kepala keluarga. Padahal, yang diberangkatkan hanya 50 KK saja setiap tahunnya.

Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kulonprogo, Riyadi Sunarto mengatakan, tahun 2012, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kulonprogo telah memberangkatkan 50 KK ke beberapa provinsi di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

"Sebenarnya target pengiriman transmigran tahun 2012 ini 60 KK, tapi 10 KK baru diberangkatkan pada 2013, karena lokasi penempatan transmigran belum siap. Berikutnya akan kami kirimkan lagi 40 KK. Antusiasme masyarakat cukup bagus," kata Riyadi, Senin (31/12/2012).

Dia mengatakan, pengiriman transmigran menurun seiring adanya pembatasan kuota dari Kementerian Transmigrasi. Pada 2013 mendatang, kuota hanya ditetapkan 5.000 KK dari sebelumnya 9.000 KK. Pembatasan ini, karena anggaran dialokasikan untuk memperbaiki sarana infrastruktur rumah.

"Jadi kuota transmigrasi diturunkan karena dana digunakan untuk Kepentingan lain," terangnya.

Dia menjelaskan, Sumatera maupun Kalimantan menjadi tujuan favorit transmigran. Sulawesi, kata dia, sebenarnya lebih bagus dari Sumatera, tapi karena tujuan Sumatera sudah ada sejak lama yakni sejak zaman Belanda, maka sampai sekarang masih menjadi favorit tujuan transmigrasi.

Dinsosnakertrans, tambah dia, akan melakukan psikotes dan seleksi lingkungan terhadap calon transmigran.

Hal ini, dilakukan sebagai upaya dalam membekali para transmigran agar di tempat tujuan mampu beradaptasi dengan lingkungan dan menyongsong kehidupan yang baru.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7693 seconds (0.1#10.140)