Kasultanan usulkan Pararadya

Rabu, 05 Desember 2012 - 08:25 WIB
Kasultanan usulkan Pararadya
Kasultanan usulkan Pararadya
A A A
Sindonews.com - Keraton Kasultanan Yogyakarta dan Pura Pakualaman ajukan ide Pemerintah Daerah (Pemda) DIY untuk membuat organisasi khusus pelaksana keistimewaan. Organisasi yang diajukan diharapkan secara prinsip penamaan diharapkan tidak melepaskan unsur kebudayaan.

Penghageng Kawedanan Panitikismo Keraton Yogyakarta GBPH Hadiwinoto mengatakan, Keraton mengusulkan nama organisasinya Pararadya. Nama tersebut memanfaatkan unsur organisasi yang pernah ada di struktur organisasi urusan di Keraton Yogyakarta.

"Kita sarankan namanya tetap tradisional, yakni paniradyapati. Dulu pernah ada," jelasnya, di Yogyakarta, Jawa Tengah, Rabu (5/11/2012).

Organisasi tersebut menurutnya, tidak hanya dibutuhkan sebagai pelaksana teknis keistimewaan DIY yang diatur oleh UU 13/2012. Organisasi itu, juga menjadi penghubung komunikasi antara Kasultanan, Pura Pakualaman dan Pemda DIY.

Menurutnya Pararadya dulu merupakan organisasi yang dipergunakan untuk pengganti patih yang merupakan perwakilan Keraton dalam pemerintahan.

Jika Paradya menjadi sebutan untuk organisasinya, orang yang ditunjuk mewakili Kasulatan, Pura Pakualaman, dan Pemda DIY disebut sebagai Paniradyapati.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6569 seconds (0.1#10.140)