Wasantara

Desember, Pantai Marina siap terima turis

Senin,  24 September 2012  −  19:35 WIB
Desember, Pantai Marina siap terima turis
Pantai Marina (Foto: Dok Sindonews)

Sindonews.com – Pengembangan wisata di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan (Sulsel) terus dilakukan. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bantaeng menargetkan, bulan Desember mendatang Pantai Marina sudah bisa terbuka untuk turis asing.

Menurut Kadisbudpar Bantaeng Asri Sahrun, saat ini pihaknya tengah memperbaiki semua fasilitas di lokasi wisata Pantai yang akan menjadi ikon kabupaten berjuluk Butta Toa (kota bersejarah) itu. Apalagi, saat ini Disbudpar intens melakuakn komunikasi dengan perkumpulan tour guide (pemadu wisata), dan memperkenalkan beberapa obyek wisata.

“Memang membangun sebuah kawasan wisata tidak mudah, namun kami berusaha semaksimal mungkin agar Pantai Marina bisa menjadi ikon nasional,” jelas Asri menjelaskan kepada wartawan, Senin (24/9/2012).

Untuk mengundang turis asing ke lokasi yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bulukumba itu, pihaknya saat ini tengah membangun fasilitas diantaranya reseort, lapangan volly pantai, lapangan tennis, serta penambahan gazebo.

Mengenai resort sendiri, pihaknya medapat bantuan dari Pemprov Sulsel sekitar Rp2 miliar untuk dua unit, dan masih akan ada tambahan. Lebih lanjut, kata Asri, pihaknya juga melakukan akan berkoordinasi dengan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk pengelolaannya.

“Memang semua ini perlu sinergitas antara SKPD, misalnya untuk home stay yang sementara dirancang merupakan bantuan dari Kementrian koperasi,” jelas Asri.

Selain itu, Pantai Marina dianggap sebagai lokasi yang strategis, khusunya saat matahari terbit dan terbenam, bisa langsung dinikmati oleh para pengunjung.

Sebelumnya, Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah mengatakan, pihaknya memang tengah memfokus pembangunan di Pantai Marina, yang dirancang sebagai ikon Bantaeng. Menurutnya, lokasi Pantai yang terletak di Jalan Proso bisa menjadikan Bantaeng sebagai sabagai tujuan wisata, bukan hanya tempat persingahan sementara. Saat ini, anggaran yang sudah digunakan di Pantai Marina sekitar Rp7 miliar.


(azh)

views: 1.488x
shadow