3 Tips Menggunakan Transportasi Online di Malam Hari Versi Gojek

Kamis, 13 Juli 2023 - 14:47 WIB
loading...
3 Tips Menggunakan Transportasi Online di Malam Hari Versi Gojek
Gojek memberikan edukasi kepada mitra driver dan konsumen untuk memesan transportasi online yang aman di malam hari. Foto: dok Gojek
A A A
JAKARTA - Rasa was-was untuk memesan transportasi online di malam hari selalu ada. Gojek menyadari hal tersebut. Menurut mereka, malam hari jadi waktu yang sering dianggap rawan terhadap berbagai jenis kejahatan termasuk kekerasan seksual.

Ini sesuai data terbaru dimana Indonesia masih memiliki angka kekerasan seksual yang tinggi. Menurut survey Koalisi Ruang Publik Aman (KRPA) tahun 2022, 3,539 perempuan dari total 4,236 responden mengatakan bahwa mereka pernah mengalami pelecehan seksual di ruang publik.

“Data menunjukkan kekerasan terhadap perempuan di ruang publik tetap terjadi sejak awal pandemi. Ketakutan akan kekerasan memengaruhi hak perempuan untuk berpergian dengan aman, mencari penghidupan, dan mengakses layanan,” kata Dwi Faiz, Head of Programmes, UN Women Indonesia.

Head of Region & External Affairs Gojek Gede Manggala mengatakan, pihaknya sudah merilis kampanye AmanBersamaGojek sejak 2020 lewat inovasi fitur dan program dalam mencegah kekerasan seksual.

Nah, berikut adalah tiga tips keamanan dalam menggunakan aplikasi Gojek yang wajib diketahui:

1. Kenali Ragam Jenis Kekerasan Seksual
Kekerasan seksual dapat terjadi kepada siapa saja baik perempuan maupun laki-laki. Penting untuk mengenali berbagai bentuk pelecehan dan kekerasan seksual baik secara fisik maupun non-fisik. Bentuk-bentuk kekerasan seksual terangkum dalam S.I.U.L (Sebar konten intim yang tidak diinginkan; Intimidasi atau menggoda dalam bentuk apa pun, termasuk dalam bentuk tulisan; Ucapan atau komentar atas tubuh termasuk bersiul; Lakukan kontak fisik yang tidak diinginkan).

2. Bagikan Perjalanan kepada Keluarga dan Teman Terdekat
Saat sedang melakukan perjalanan menggunakan GoRide atau GoCar, pengguna bisa memakai fitur Bagikan Perjalanan untuk membagikan perjalanan secara real time ke teman dan keluarga sehingga tetap terpantau sepanjang jalan menuju tujuan.

3. Aktifkan Tombol Bantuan Darurat Apabila Diperlukan
Gojek punya Tombol Darurat yang dapat digunakan dalam situasi darurat sehingga laporan dapat direspon dengan cepat oleh Customer Care dan Tim Unit Darurat Gojek yang siaga 24/7 dan mengadopsi perspektif korban.



Gede juga menambahkan bahwa pengguna Gojek, khususnya GoRide dan GoCar juga telah dilindungi oleh asuransi. “Setiap perjalanan Gojek otomatis mendapat perlindungan asuransi dari Jasa Raharja atau Allianz. Gojek juga punya fitur penyamaran nomor telepon (Number Masking), untuk memastikan kenyamanan masyarakat saat berkomunikasi dengan mitra driver Gojek,” bebernya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2064 seconds (0.1#10.140)