PKPU dan Pertamina Launching Program Pertanian Terpadu

Minggu, 23 Oktober 2016 - 11:10 WIB
PKPU dan Pertamina Launching Program Pertanian Terpadu
PKPU dan Pertamina Launching Program Pertanian Terpadu
A A A
PADANG - PT Pertamina (Persero) Terminal BBM Teluk Kabung dan Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU menggelar acara Launching Program Pertanian Terpadu di Kantor Lurah Teluk Kabung Tengah, Padang, Sumatera Barat. Acara yang digagas oleh LKN PKPU dan PT Pertamina (Persero) tersebut merupakan rangkaian dari kerja sama program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dimiliki oleh PT Pertamina.

Menurut Kepala Cabang PKPU Padang Hendra Nafsosianto, acara Launching Program Pertanian Terpadu yang diselenggarakan kali ini merupakan sinergisitas yang ketiga kalinya antara PKPU Padang dengan PT Pertamina Terminal BBM Teluk Kabung. Program yang akan berlangsung selama satu tahun ini meliputi peningkatan kapasitas kelompok tani dan kebun sehat keluarga.

Masyarakat setempat dilibatkan secara aktif dalam proses program pemberdayaan dengan membentuk relawan Kerabat Tani. Relawan ini merupakan warga lokal yang memiliki inisiatif dan komitmen melahirkan masyarakat yang kreatif, mampu memotivasi orang lain, serta memberikan teladan dalam pengembangan dan keberlanjutan program tersebut.

Bertempat di depan Kantor Lurah Teluk Kabung Tengah, acara ini dihadiri oleh Operational Head PT Pertamina (Persero) Mukhlis Dalimunthe, Wali kota Padang diwakili staf ahli bidang pemerintahan, Dinas Pertanian dan Badan Ketahanan Pangan Kota Padang, Camat Bungus Teluk Kabung, pengurus Kerapatan Adat Nagari, bundo kanduang, ninik mamak, dan masyarakat setempat.

Mukhlis Dalimunthe selaku Operational Head PT Pertamina berharap program pemberdayaan ini mampu memperbaiki kesejahteraan masyarakat melalui ketahanan pangan di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, khususnya di Kelurahan Teluk Kabung Tengah yang menjadi wilayah terdekat dengan Terminal BBM Pertamina.

"Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi tolok ukur yang dapat meningkatkan taraf hidup khususnya di lingkungan mayararakat sekitar PT Pertamina (Persero)," ujarnya.

Kegiatan launching ini secara resmi dibuka oleh Wali kota Padang yang diwakili oleh Heriyanto Rustam selaku staf ahli bidang pemerintahan. Dia turut mengapresiasi acara yang diinisiasi oleh PT Pertamina dan PKPU Padang ini.

"Pak Mahyeldi selaku wali kota Padang memberikan apresiasi terhadap kerja sama program pemberdayaan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat. Beliau berharap kerja sama yang dibangun tidak hanya masalah ketahanan pangan, melainkan juga bidang-bidang lainnya seperti budidaya perikanan dan perdagangan."

Rangkaian acara ditutup dengan pemasangan rompi Kerabat Tani secara simbolis kepada perwakilan kelompok tani sekaligus penyerahan plakat dari PT Pertamina kepada Wali kota Padang, Dinas Pertanian Kota Padang, dan Badan Ketahanan Pangan Kota Padang. (PKPU/Amel)
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0615 seconds (0.1#10.140)