7 Jajanan Pasar yang Tidak Mudah Basi, Salah Satunya Tahan Awet hingga 10 Hari

Selasa, 11 Juli 2023 - 06:30 WIB
loading...
7 Jajanan Pasar yang Tidak Mudah Basi, Salah Satunya Tahan Awet hingga 10 Hari
Jajanan pasar merupakan jenis makanan ringan tradisional yang berasal dari berbagai daerah. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Jajanan pasar paling enak dijadikan camilan. Selain murah dan nikmat rasanya, jajanan satu ini juga mudah untuk ditemukan.

Jajanan pasar merupakan jenis makanan ringan tradisional yang berasal dari berbagai daerah. Bahan baku yang digunakan pun sangat alami, beberapa di antaranya adalah ketan, santan, dan kelapa.

Karena tidak menggunakan bahan pengawet, jajanan pasar jadi lebih cepat basi. Namun demikian, ada kok beberapa jajanan yang bisa bertahan cukup lama.

Berikut tujuh jajanan pasar yang dikenal memiliki kelebihan dalam tingkat keawetannya.


1. Lapis Legit

Jajanan pasar yang tidak mudah basi pertama yaitu lapis legit. Secara umum, jajanan pasar ini bentuknya seperti kue basah yang bertekstur seperti bolu dengan bentuk berlapis-lapis serta punya cita rasa manis dan legit.

Soal ketahanan, lapis legit termasuk jajanan pasar yang awet. Makanan ini bisa bertahan sampai 10 hari di suhu ruang, dan kalau disimpan di kulkas dapat bertahan hingga 3 bulan lamanya.

2. Onde-Onde

Onde-onde merupakan kue berbentuk bulat yang terbuat dari tepung ketan dan ditaburi wijen. Biasanya jajanan ini diisi dengan berbagai rasa, salah satunya kacang hijau.

Onde-onde cocok disajikan sebagai suguhan karena selain rasanya yang enak, jajanan ini juga mengenyangkan. Untuk masalah keawetan, onde-onde bisa bertahan selama 2 hari dalam suhu ruangan.

3. Serabi

7 Jajanan Pasar yang Tidak Mudah Basi, Salah Satunya Tahan Awet hingga 10 Hari

Foto/Freepik

Serabi termasuk jajanan yang banyak digemari. Kue manis dan basah ini biasanya memiliki tampilan tambahan dengan toping yang menggugah selera seperti serabi oncom, cokelat, keju, dan masih banyak lagi.

Serabi termasuk jajanan pasar yang cukup awet. Meskipun teksturnya basah, namun serabi dapat bertahan seharian di dalam suhu ruangan, dan bertambah hingga 3 hari bila disimpan di lemari es.

4. Pastel

Pastel merupakan jajanan pasar yang terbuat dari lapisan tepung yang berisi sayuran atau daging ayam hingga bihun. Biasanya, cara masak jajanan ini digoreng di minyak yang panas.

Pastel dapat bertahan hingga 2-3 hari di suhu ruangan. Anda juga bisa memanaskannya kembali di oven atau menggorengnya saat ingin menikmati jajanan yang lezat ini.


5. Lemper

Lemper menjadi jajanan pasar yang tak pernah absen di segala acara tradisional. Camilan ini terbuat dari beras ketan yang diisi daging ayam dengan bumbu yang cukup lengkap.

Meskipun memiliki tekstur basah, lemper termasuk jajanan pasar yang dapat bertahan lama. Lemper mampu bertahan selama 2-3 hari dalam suhu ruangan.

6. Getuk

7 Jajanan Pasar yang Tidak Mudah Basi, Salah Satunya Tahan Awet hingga 10 Hari

Foto/Freepik

Selanjutnya ada getuk. Jajanan ini terbuat dari singkong kukus yang dihaluskan dengan cara ditumbuk. Adonan tersebut kemudian diberi pewarna makanan agar terlihat semakin menarik.

Getuk biasanya disajikan dengan taburan parutan kelapa yang telah dicampur dengan gula pasir. Jajanan ini cukup awet karena mampu bertahan satu hari di suhu ruang dan dua hari dalam lemari es.

7. Nagasari

Nagasari juga termasuk jajanan yang dapat bertahan lama. Jajanan ini terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan, dan gula. Biasanya nagasari diisi irisan pisang raja ataupun labu dan kacang hijau.

Meskipun salah satunya berbahan baku santan, nagasari mampu bertahan lebih dari 24 jam. Hal ini dikarenakan pengolahannya dengan cara dibungkus daun pisang dan dikukus dalam beberapa waktu.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1178 seconds (0.1#10.140)